Penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Eva Chandra Qodarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Eva Chandra Qodarsih

Qodarsih, Eva Chandra (2011) Penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang kota Malang / Eva Chandra Qodarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sains Teknologi Masyarakat Pembelajaran IPA Hasil Belajar Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menuntut guru agar dapat membelajarkan siswa untuk memahami mengaplikasikan dan mengembangkan konsep menguasai ketrampilan proses memiliki wawasan kealaman memiliki sikap positif terhadap alam sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di SDN Bumiayu 3 tentang pembelajaran IPA ada beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya (1) Keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah ditandai oleh siswa kurang aktif dalam menemukan pengetahuannya sendiri (2) Dalam proses pembelajaran guru masih terlalu terpaku buku paket (3) Hasil belajar IPA siswa kelas V masih rendah. Ada 26 siswa (76%) yang mendapat nilai kurang dari 70 (KKM Sekolah) dan 8 siswa (24%) yang mendapat nilai 70 ke atas. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STM dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dalam pembelajaran IPA setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran STM (3) Mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar IPA dalam penggunaan model pembelajaran STM pada siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. (4) Mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran STM pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif partisipatoris dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa kelas 5 SDN Bumiayu 3 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran STM membuat siswa menjadi aktif. Hasil observasi penerapan model pembelajaran STM siklus I prosentase rata-ratanya adalah 90 0% dan mengalami peningkatan prosentase rata-rata pada siklus II menjadi 94 3%. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I prosentase rata-ratanya adalah 72 7% dan mengalami peningkatan prosentase rata-rata pada siklus II menjadi 84 0%. Hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dari rata-rata kelas 46 9 pada observasi awal pada siklus I skor rata-rata kelas menjadi 71 6 dan skor rata-rata kelas siklus II meningkat menjadi 82 3. Guru dan siswa merasa senang dengan penerapan model pembelajaran STM ini karena siswa lebih aktif terampil dan lebih suka bekerja sama dalam melakukan percobaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bumiayu 3 Kota Malang materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru menerapkan pembelajaran STM pada mata pelajaran IPA sehingga hasil belajar siswa meningkat dan siswa dapat belajar dengan lebih bermakna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103559

Actions (login required)

View Item View Item