Penerapan bermain label untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok A di TKN Pembina 3 Malang / Chicha Henny Damayanthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan bermain label untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok A di TKN Pembina 3 Malang / Chicha Henny Damayanthi

Damayanthi, Chicha Henny (2011) Penerapan bermain label untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok A di TKN Pembina 3 Malang / Chicha Henny Damayanthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Membaca Awal Bermain Label Peningkatan Penelitian ini berlatar belakang pada tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya untuk bisa membaca pada usia dini (mulai kelompok A).Kemampuan membaca awal merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dimiliki anak. Hasil belajar anak pada kemampuan membaca awal masih belum sesuai yang diharapkan dalam hal 1) menyebutkan bunyi huruf 2) menyusun huruf dan 3) menceritakan gambar dari 20 siswa 70 % masih berada pada rata-rata nilai 9734 9734 . Bermain label adalah kegiatan memperkenalkan membaca awal dengan menggunakan label yang ada pada pembungkus makanan/ minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan kegiatan bermain label untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan membaca awal anak kelompok A di TK Pembina 3 Malang dengan kegiatan bermain label. Rancangan penelitian menggunakan acuan model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina 3 Malang. Proses peningkatan kemampuan membaca awal anak dengan kegiatan Bermain Label dinyatakan berhasil apabila kemampuan anak mencapai prosentase minimal 75% sesuai dengan panduan penilaian pada kurikulum pendidikan anak usia dini dan dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Keberhasilan ini ditandai dengan (1) anak mampu menyebutkan dan melafalkan berbagai bunyi huruf dari kata pada label (2) anak mampu menyusun huruf sesuai kata pada label dan (3) anak mampu membaca gambar yang memiliki kata (bercerita) secara sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Bermain Label terbukti dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak TK kelompok A. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan Bermain Label dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok A. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan membaca awal dari pra siklus 23 33% siklus I mencapai 43 33% dan siklus II mencapai 86 66%. Sedangkan dari aspek keberhasilan pada prasiklus 11 25% siklus I 23 3% dan pada siklus II meningkat menjadi 77 91%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103558

Actions (login required)

View Item View Item