Ernawati, Sri (2011) Peningkatan keterampilan berbicara melalui bermain drama pada siswa kelas V SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Balerejo Madiun / Sri Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keterampilan Berbicara bermain drama SD. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas V SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Balerejo Madiun didapatkan fakta (a) materi yang diajarkan kurang sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai dan (b) belum semua siswa mampu berbicara untuk mengungkapkan pikiran melalui lisan. Agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan bermain drama. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan bermain drama untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Balerejo Madiun dan (2) peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara melalui bermain drama siswa kelas V SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Balerejo Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan prosedur pelaksanaan penelitian terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan tindakan observasi dan refleksi di seyiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Balerejo Madiun. Instrumen berupa pedoman wawancara lembar penilaian keterampilan berbicara siswa lembar penilaian kemampuan guru dalam pembelajaran lembar penilaian RPP dan dokumentasi. Hasil belajar keterampilan berbicara melalui bermain drama siswa kelas V SDN Kedungrejo 02 sudah baik. Siswa sudah baik dalam menguasai aspek-aspek keterampilan berbicara dalam bermain drama. Intonasi siswa sudah baik tinggi rendah suara siswa dalam berbicara sudah baik namun masih ada beberapa siswa yang masih monoton atau datar. Siswa sudah tidak terlihat gugup takut dan kurang percaya diri lagi. Namun siswa masih kesulitan dalam berekspresi dan masih ada rasa malu. Peningkatan nilai rata-rata kelas hasil belajar keterampilan berbicara siswa melalui bermain drama dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 14 68% sedangkan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 13 19%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam meningkatkan keterampilan berbicara dalam bermain drama aspek-aspek yang belum mendapatkan nilai yang memuaskan yaitu pada aspek berekspresi menggunakan mimik wajah dan gerak tubuh. Oleh karena itu guru harus lebih memberikan penekanan pelatihan pada aspek tersebut. Agar siswa mampu berekspresi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |