Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas da hasil belajar siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang materi pokok sifat-sifat cahaya / Erni Pujayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas da hasil belajar siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang materi pokok sifat-sifat cahaya / Erni Pujayanti

Pujayanti, Erni (2011) Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas da hasil belajar siswa kelas V SDN Karangbesuki 4 Malang materi pokok sifat-sifat cahaya / Erni Pujayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Learning Cycle Aktivitas Hasil Belajar Model pembelajaran learning cycle adalah suatu proses pembelajaran yang bersifat konstrutivistik yaitu siswa secara aktif membangun sendiri pengetahuannya tidak melalui pemberitahuan oleh guru. Pada hasil observasi ditemukan fakta pembelajaran guru di kelas pada materi pesawat sederhana menunjukkan sebagian besar aktivitas guru adalah menjelaskan materi pelajaran. Hal pertama yang dilakukan guru setelah masuk ke dalam kelas yaitu mempresensi siswa kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi. Setelah itu guru meminta siswa mengerjakan soal yang ada di LKS dan dilakukan pembahasan. Siswa kurang aktif karena kegiatan yang dilakukan hanya mencatat mendengar dan mengerjakan soal di LKS. Data hasil belajar IPA siswa juga masih tergolong kurang memuaskan dengan rata-rata nilai semester 1 yang hanya mencapai 62 dengan KKM 58 dan ketuntasan klasikal 91 89%. KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut dirasa peneliti tergolong rendah maka peneliti menawarkan KKM 65 dengan persetujuan guru kelas V dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan 1) penerapan model pembelajaran learning cycle 2) aktivitas belajar siswa dan 3) hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data diambil dari lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Setiap akhir pertemuan dilakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran learning cycle dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini terlihat dari aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 65 22% dalam kategori baik dan siklus II sebesar 84 19% dalam kategori baik sekali. Peningkatan ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 91 89% dengan KKM 58 siklus I sebesar 65 22% dan siklus II sebesar 84 19% dengan KKM 65. Guru dapat menggunakan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan memperbaiki kekurangan pada fase elaborate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103555

Actions (login required)

View Item View Item