Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran picture and pictura pada siswa kelas I di SDN Kendal Kabupaten Tulungagung / Ulfa Ajrun Ningamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran picture and pictura pada siswa kelas I di SDN Kendal Kabupaten Tulungagung / Ulfa Ajrun Ningamah

Ningamah, Ulfa Ajrun (2011) Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran picture and pictura pada siswa kelas I di SDN Kendal Kabupaten Tulungagung / Ulfa Ajrun Ningamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci picture and picture keterampilan berbicara SD. Hasil tes awal penelitian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I semester II dengan materi berbicara yang dilakukan di SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas I masih rendah. Siswa kurang berani mengungkapkan perasaan mereka sehingga mereka tidak dapat berbahasa lisan dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I materi berbicara melalui penerapan model pembelajaran picture and picture menggunakan media gambar seri dimana gambar seri tersebut terdiridari beberapa gambar yang harus diurutkan. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang materi berbicara siswa kelas I di SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung (2) mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas I dan seluruh siswa kelas I SDN Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) dokumentasi dan (4) soal-soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini ditandai dengan keberanian siswa untuk berbicara dengan jelas dan lantang di depan kelas. Penerapan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas I mampu meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara. Hal ini terbukti pada pada pra tindakan dari 13 jumlah siswa hanya 5 siswa yang mau maju untuk berbicara di depan kelas itupun hanya asal. Pada siklus I semua siswa sudah berani maju untuk berbicara di depan kelas namun belum maksimal hal ini terbukti dari rata-rata nilai siswa dari siklus I pertemuan pertama dan pertemuan ke dua rata-rata nilai kelas hanya 56 70. Sedangkan pada siklus ke II rata-rata kelas dari pertemuan 1 dan pertemuan 2 adalah 72 31. Disarankan dalam menerapkan model pembelajaran picture and picture menggunakan gambar yang berwarna sehingga akan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103552

Actions (login required)

View Item View Item