Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) pada siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 kota Batu / Evi Aulia Rizka - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) pada siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 kota Batu / Evi Aulia Rizka

Rizka, Evi Aulia (2011) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) pada siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 kota Batu / Evi Aulia Rizka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran SAVI Pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di kelas III SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu didapatkan fakta bahwa pada saat pembelajaran IPA guru mayoritas menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa adanya kegiatan pengamatan percobaan serta diskusi kelompok selama pembelajaran. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa cenderung pasif. Selain itu Hasil belajar siswa rata-rata 58 33. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu (2) peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu serta (3) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu setelah dibelajarkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Pelaksanaan PTK yang digunakan peneliti meliputi empat tahapan 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi 4) Refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas III di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran SAVI pada siklus I sebesar 94 46% dan meningkat pada siklus II sebesar 98 61%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 71 42% dengan nilai rata-rata 74 5 dan pada siklus II prosentase meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 87 68. Hasil belajar siswa pada saat pra tindakan sebesar 50% dengan rata-rata 68 93 siklus I sebesar 64 29% dengan nilai rata-rata 74 26 dan pada siklus II prosentase meningkat 92 86% dengan nilai rata- rata 80 50. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103551

Actions (login required)

View Item View Item