Peningkatan kemampuan kognitif anak TK menggunakan Beyond Center and Circlas Time (BCCT) di TK ABA 01 Kebonagung Malang / Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan kognitif anak TK menggunakan Beyond Center and Circlas Time (BCCT) di TK ABA 01 Kebonagung Malang / Setyorini

Setyorini (2011) Peningkatan kemampuan kognitif anak TK menggunakan Beyond Center and Circlas Time (BCCT) di TK ABA 01 Kebonagung Malang / Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan kognitif anak metode Beyond Centers And Cirles Time (BCCT) Taman Kanak kanak. Dari hasil pengamatan penulis pada kegiatan pembelajaran bidang pengembangan kognitif di TK ABA 01 Kebunagung Malang di temukan beberapa masalah diantaranya minat dalam hal pengembangan kognitif dan keaktifan masih rendah serta anak merasa bosan dalam pembelajaran. Padahal pembelajarnnya menggunakan Sentra Atau mneggunakan BCCT namun kenyataannya pembelajaran tersebut tidak diolah sedemikian rupa sehingga kelihatan tidak terkontrol dan terarah dalam pengembangan pembelajarannya. Tujuan penelitian 1). Untuk mendeskripsikan pembelajaran pengembangan kemampuan kognitif melalui Beyond Center and Circle Time ( BCCT) di TK ABA 01 Kebonagung Malang 2). Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif melalui Beyond Centers and Cirle Time (BCCT) di TK ABA 01 Kebonagung Malang 3). Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan anak dalam Beyond Centers and Cirles Time (BCCT) di TK ABA Metode dalam penelitian ini menggunakan (1) Rancangan penelitian Tindakan kelas melalui (a) Tahap perencanaan yaitu menentukan indikator menjabarkan indikator merumuskan KBM dan menentukan media dan perlatan permainan (b) Tahap pelaksanaan yang sesuai tahap perencanaan (c) Observasi kegiatan (d) Refleksi (2) Latar dan subjek penelitian ini di TK ABA 01 Kebonagung Malang dengan jumlah 12 siswa (3) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari proses observasi (4) Instrumen penelitian diisi ketika observasi berlangsung (5) Analisis data pada penelitian ini mengacu pada keaktivan anak dan keberhasilan anak pada sentra. Hasil dari penelitian pembelajaran BCCT untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK ABA 01 Kebonagung Malang dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 kali pertemuan dimana 1 harinya mengambil dua sentra untuk di kembangkan. yaitu untuk indikator keberhasilan mencapai 92 63 % dan indikator kemempuan kognitif mencapai 86 23 % pada siklus I sedangkan pada siklus II indikator keberhasilan mencapai 96 47 % dan indikator kemampuan kognitif mencapai 98 17 %. Dari hasil perbandingan siklus I dan Siklus II di peroleh peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran dengan metode BCCT dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu mencapai 98 17 % dan meningkatkan indikator keberhasilan yang ditentukan penulis seperti tingkat keaktifan anak dan tingkat rasa senang anak dalam kegiatn di sentra yaitu mencapai 96 47 %. Saran dari peneliti adalah diharapkan para pendidik khususnya taman kanak kanak senantiasa meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103550

Actions (login required)

View Item View Item