Enhancing tenth-grade students' skill in writing narrative texts by implementing process writing through storybird web 2.0 / Zuhrufi Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Enhancing tenth-grade students' skill in writing narrative texts by implementing process writing through storybird web 2.0 / Zuhrufi Latifah

Latifah, Zuhrufi (2017) Enhancing tenth-grade students' skill in writing narrative texts by implementing process writing through storybird web 2.0 / Zuhrufi Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latifah Zuhrufi. 2017. Enhancing Tenth-Grade Students Skill in Writing Narrative Texts by Implementing Process Writing through Storybird Web 2.0. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Dr. Suharyadi M.Pd. Kata kunci menulis teks naratif proses menulis Storybird penggunaan komputer dalam pembelajaran bahasa Dalam mempelajari bahasa Inggris dibutuhkan semua aspek keterampilan yang pada umumnya juga dibutuhkan dalam mempelajari sebuah bahasa yakni mendengarkan berbicara membaca dan menulis. Akan tetapi banyak orang menganggap bahwa menulis adalah salah satu keterampilan yang paling sulit dikuasai oleh para pembelajar. Sebuah studi awal yang dilaksanakan di SMAN 7 Malang menunjukkan bahwa murid-murid kelas X program bahasa mengalami masalah dalam menulis khususnya terhadap teks naratif. Hasil menulis peserta didik masih bermasalah terkait dengan penggunaan tata bahasa kata sifat bentuk kata cara menyusun paragraf dan hal teknis seperti penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukanlah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas memiliki prosedur berbentuk siklus dimana strategi yang digunakan dapat mengatasi masalah tersebut. Peneliti menggunakan strategi proses menulis dan media Storybird web 2.0. Langkah-langkah yang dilakukan dalam PTK dapat disimpulkan dengan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan pantulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi panduan wawancara tugas menulis daftar observasi catatan lapangan dan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan membandingkan hasil nilai menulis peserta didik pada studi awal dengan kriteria keberhasilan. Rubrik penilaian digunakan sebagai panduan untuk menilai tulisan peserta didik. Karena penelitian ini berhasil menyelesaikan masalah dalam satu siklus maka tidak diperlukan adanya perbaikan perencanaan dan pelaksanaan siklus yang lain. Penerapan strategi berhasil meningkatkan pencapaian menulis peserta didik. Dibandingkan dengan studi awal nilai peserta didik menjadi lebih baik dan tinggi dibuktikan dengan rata-rata nilai yang mencapai 85.14 poin pada nilai akhir. Sebanyak 89% dari jumlah keseluruhan peserta didik di kelas berhasil mencapai nilai di atas KKM. Selain itu peserta didik menikmati dan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Data-data tersebut menunjukkan adanya peningkatan sehingga kriteria keberhasilan dapat dicapai. Dalam penerapan strategi proses menulis aktivitas inti dapat dijabarkan sebagai berikut (1) perencanaan menulis (2) menulis rancangan cerita (3) menanggapi hasil karya orang lain (4) memperbaiki cerita dan (5) menyunting hasil karya masing-masing. Sebagai kesimpulan penerapan strategi proses menulis menggunakan Storybird web 2.0 dapat dinyatakan berhasil mengatasi masalah yang dihadapi siswa dalam menulis teks naratif. Bagi guru Bahasa Inggris yang memiliki masalah serupa disarankan untuk menerapkan strategi proses menulis dengan penggunaan komputer/gawai dalam pembelajaran bahasa. Untuk para peneliti yang tertarik untuk melakukan penelitian dalam ranah yang serupa di masa depan mereka dapat menerapkan strategi yang serupa dengan variasi media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item