Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) pada matematika kelas V SDN Gembongan 07 Kabupaten Blitar / Fajar Habib Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) pada matematika kelas V SDN Gembongan 07 Kabupaten Blitar / Fajar Habib Maulana

Maulana, Fajar Habib (2011) Peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui model pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) pada matematika kelas V SDN Gembongan 07 Kabupaten Blitar / Fajar Habib Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman konsep Pecahan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas V pada waktu pembelajaran Matematika terdapat (1) Siswa belum memahami konsep dasar pecahan dan mengaku tidak tahu bahwa dalam menyamakan penyebut sebenarnya menggunakan konsep KPK. (2) Siswa mengalami kesalahan mendasar sebelum melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan yakni pemahaman konsep tentang mengubah dari pecahan campuran menjadi pecahan biasa. (3) Siswa kurang mampu mengerjakan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan desimal dan persen. Dalam pembelajaran guru hanya masuk membahas PR kemudian siswa ditugasi mengerjakan soal di LKS kemudian dibahas dan yang terakhir siswa diberi tugas individu 4 soal hasil belajar yang diperoleh yaitu nilai 8804 59 ada 20 siswa dan nilai 8805 60 ada 3 siswa. Pada pembelajaran matematika KKM yang ditentukan yaitu 60 sehingga ada 20 siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM dan belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran matematika tentang pecahan di kelas V SDN Gembongan 07 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika tentang pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) di kelas V SDN Gembongan 07 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika tentang pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) di kelas V SDN Gembongan 07 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada matematika di kelas V sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek/komponen model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI)pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan adalah 13 04% pada siklus I adalah 65 22% dan pada siklus II adalah 91 3%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas V SDN Gembongan 07 untuk menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) yang menyajikan pembelajaran yang berangkat dari siswa dan guru bertindak sebagai fasilitator menciptakan suasana yang menyenagkan agar siswa dapat mengembangkan konsep yang diterima secara berdiskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103549

Actions (login required)

View Item View Item