Peningkatan hasil belajar PKn melalui model investigasi kelompok pada siswa kelas IV SDN 02 Bangunmulyo pakel Kabupaten Tulungagung / Santi Retoningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model investigasi kelompok pada siswa kelas IV SDN 02 Bangunmulyo pakel Kabupaten Tulungagung / Santi Retoningtyas

Retnoningtyas, Santi (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model investigasi kelompok pada siswa kelas IV SDN 02 Bangunmulyo pakel Kabupaten Tulungagung / Santi Retoningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningktan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) model pembelajaran Investigasi kelompok. Hasil belajar PKn dikelas IV SDN 02 Bangunmulyo kurang memuaskan dari 20 siswa hanya 9 siswa yang sudah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran Investigasi Kelompok untuk meningkatkan aktivitas siswa sehingga mencapai nilai yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran PKn melalui metode pembelajaran Investigasi Kelompok bagi siswa kelas IV SDN 02 Bangunmulyo Kabupaten Tulungagung dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Investigasi Kelompok pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Bangunmulyo Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang dilakukan ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan catatan lapangan. Analisis data hasil observasi siswa yaitu dengan mencari persentase banyaknya siswa yang mendapat skor dibagi jumlah siswa dan dikalikan 100%. Apabila hasilnaya 70% maka kegiatan yang dilakukan siswa sudah baik. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pratindakan hanya 9 siswa atau 45% dari 20 siswa yang tuntas belajar. Setelah diterapkan model pembelajaran Investigasi kelompok pada siklus I pertemuan I meningkat 13 atau 65% siswa dari 20 siswa yang tuntas belajar. Lalu pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 16 atau 80% siswa yang tuntas belajar. Namun hasil tersebut masih belum sesuai dengan harapan peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar mengalami kenaikan yaitu sebanyak 18 atau 90% siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Investigasi Kelompok menunjukkan hasil belajar siswa lebih baik dan mengalami peningkatan daripada hasil sebelummya dalam pembelajaran PKn. Untuk itu disarankan hendaknya para guru lebih sering menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Dengan demikian pembelajaran akan lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103548

Actions (login required)

View Item View Item