Pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Siwi Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Siwi Khasanah

Khasanah, Siwi (2011) Pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Siwi Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penggunaan LKS Hasil Belajar. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengetahuan dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Sekolah memiliki tugas untuk memberikan pengajaran dan pendidikan kepada anak-anak didiknya supaya menjadi orang yang berguna bagi dirinya orang tua agama sekolah masyarakat bangsa dan negara. Interaksi yang baik antara guru dan siswa sangat diperlukan dalam usaha untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang berkualitas. Adapun salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memanfaatkan media pendidikan dalam proses belajar mengajar. Selain media pembelajaran juga dibutuhkan perangkat pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting adalah penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t independent diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 75 64 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 59 10 dengan nilai probabilitas (sig) 0 000. Dengan demikian nilai probabilitas 0 000 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang. Disarankan bagi guru IPA dapat dijadikan alternatif untuk merencanakan pembelajaran serta membuat atau menyusun lembar kegiatan siswa yang kreatif dan didalamnya terdapat kegiatan pemecahan masalah karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan penngunaan LKS pada materi selain kenampakan bumi dan benda langit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103547

Actions (login required)

View Item View Item