Peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang melalui model pembelajaran investigasi kelompok di kelas IV SDN Pagerwojo 03 kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rika Kristina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang melalui model pembelajaran investigasi kelompok di kelas IV SDN Pagerwojo 03 kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rika Kristina

Kristina, Rika (2011) Peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang melalui model pembelajaran investigasi kelompok di kelas IV SDN Pagerwojo 03 kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar / Rika Kristina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan hasil belajar bangun ruang Model pembelajaran investigasi kelompok. Proses pembelajaran matematika di SDN Pagerwojo 03 berjalan sesuai dengan rencana pelakasanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru. Namun kebanyakan siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi bangun ruang. Siswa masih kebingungan dalam menentukan rusuk sisi titik sudut jaring-jaring. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas IV SDN Pagerwojo 03 Kecamatan Kesamben (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pagerwojo 03 Kecamatan Kesamben dalam menyeleseikan soal-soal yang terkait dengan bangun ruang dengan menggunakan metode investigasi kelompok Pendekatan yang digunakan peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek peneliti ini adalah kelas IV SDN Pagerwojo 03 dengan jumlah siswa 19 anak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) wawancara (3) tes dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode investigasi kelompok dilakukan dengan langkah-langkah a)Seleksi topic b)Merencanakan kerjasama c)Implementasi d) Analisis dan sintesis e) Penyajian hasil akhir dan f) Evaluasi. Penerapan model pembelajaran dengan menggunakan metode investigasi kelompok digunakan untuk meningkatkan penilaian proses dan hasil belajar siswa. Penilaian proses dari siklus I 63% dan siklus II 83 4 % hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 21 3%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut yaitu sebaiknya para guru menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103546

Actions (login required)

View Item View Item