Aisah, Nur (2011) Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Wonorejo I kecamatan Lumbang / Nur Aisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci CTL Hasil Belajar IPA CTL merupakan konsep belajar di mana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari 8209 hari sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas sedikit demi sedikit dan dari proses mengkonstruksi diri sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Dari hasil observasi ditemukan bahwa siswa di SDN Wonorejo I Kecamatan Lmbang jarang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL. Sebagian siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan belajar di kelas 70%. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL sangat tepat dan dianjurkan sebagai alternatif proses belajar mengajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk 1) Memaparkan proses penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPA di kelas IV. 2) Memaparkan aktivitas belajar siswa kelas IV selama penerapan pendekatan CTL. 3) Memaparkan hasil belajar IPA siswa kelas IV melali pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK) kolaboratif dan bersiklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonorejo I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi tes evaluasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pengamatan guru tes evaluasi. Hasil dari penelitian setelah dilakukan Tindakan Kelas data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra tindakan rata- rata 57. Pada siklus I mencapai 75 65 sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 94 sehingga ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan isi penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa dari pra tindakan mendapat rata- rata 57 menjadi 75 65 pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 94 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan menerapkan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru supaya dapat menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA dengan begitu siswa dapat mengembangkan potensi diri dan sikap ilmiah. Pembelajaran dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian- penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |