Rahmawati, Rufi' Nur (2011) Penerapan media sound slide pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Bandungrejosari I kota Malang / Rufi' Nur Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Sound Slide Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Penggunaan media yang menunjang dapat mengurangi kecenderungan pembelajaran IPS yang dibelajarkan dengan menekankan pada hafalan dan verbalisme. Namun pada pembelajaran IPS kelas VB di SDN Bandungrejosari 1 pemanfaatan media masih kurang dioptimalkan. Sehingga pembelajaran cenderung pada hafalan. Hal itu terbukti dari hasil persebaran angket tentang pembelajaran IPS menunjukkan 60% siswa menyatakan kesulitan untuk menghafal. Sejalan dengan apa yang dikemukakan guru bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menghafal dan memahami materi IPS dengan muatan sejarah. Sedangkan hasil belajar siswa pada tes pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata siswa mencapai 45 60 dengan prosentase ketuntasan 7 89% yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) penerapan media Sound Slide pada pembelajaran IPS kelas VB SDN Bandungrejosari 1 kota Malang (2) penerapan media Sound Slide untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa VB di SDN Bandungrejosari 1 kota Malang (3) penerapan media Sound Slide untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa VB SDN Bandungrejosari 1 kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VB SDN Bandungrejosari 1 kota Malang meliputi (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi (3) refleksi dan (4) perbaikan rencana di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) angket (4) soal-soal tes dan (5) pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Sound Slide dinilai cukup baik mengurangi kecenderungan pembelajaran IPS yang menekankan pada hafalan dan verbalisme. Peningkatan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya keberagaman jenis aktivitas siswa. Nilai rata-rata aktivitas siswa mencapai prosentase ketuntasan klasikal 31 57% pada siklus I dan 94 73% pada siklus II. Begitu juga rata-rata klasikalnya dari 67 21 pada siklus I dan 79 44 pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prosentase ketuntasan klasikal 7 89% pada pra tindakan meningkat menjadi 10 52% pada siklus I dan 73 68% pada siklus II. Begitu juga rata-rata klasikalnya dari 45 60 pada pra tindakan meningkat menjadi 54 14 pada siklus I dan 76 97 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan media Sound Slide dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas VB SDN Bandungrejosari 1 kota Malang. Saran yang diberikan yaitu bagi guru diantaranya (a) menerapkan media Sound Slide sebagai alternative media pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran (b) melakukan persiapan yang matang sebelum penerapan media Sound Slide pada pembelajaran (c) memilih media pembelajaran yang sesuai dan efektif agar pembelajaran IPS dapat terlaksana dengan optimal. Bagi kepala sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan penelitian ini sebagai inspirasi bagi guru-guru dalam penerapan media Sound Slide. Bagi peneliti lain diharapkan bisa menindaklanjuti penelitian ini pada penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |