Kurniawati, Asih (2011) Penerapan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas IV B SDN Ngulankulon 1 Kabupaten Trenggalek / Asih Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pemecahan Masalah Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran. Bersamaan dengan kegiatan observasi dan identifikasi masalah yang peneliti lakukan di SDN Ngulankulon I Kabupaten Trenggalek pada hari Senin 4 Oktober 2010 Kepala Sekolah memberikan ijin kepada peneliti untuk mengadakan penelitian di kelas IV B. Berdasarkan hasil observasi dan tes awal diketahui bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika terutama dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu dengan menerapkan pemecahan masalah dengan langkah-langkah tahap memahami masalah tahap menyusun rencana penyelesaian tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan tahap meninjau ulang hasil pelaksanaan.. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas IV B SDN Ngulankulon 1 Kabupaten Trenggalek. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas IV B SDN Ngulankulon 1 Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan bersiklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Ngulankulon 1 Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas IV mengalami peningkatan. Pada siklus I skor rata-rata keberhasilan tindakan adalah 80 dan pada siklus II adalah 91. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 78 dan meningkat menjadi 89 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran siswa kelas IV B SDN Ngulankulon 1 Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan sebaiknya guru menerapkan pemecahan masalah dalam praktik pembelajaran di kelas. Selain itu penelitian ini dapat digunakan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan kualitas guru di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pemecahan masalah pada tempat yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |