Analisis isi buku teks ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 4 SD Negeri se-kota Malang / Nana Rahayuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi buku teks ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 4 SD Negeri se-kota Malang / Nana Rahayuningtyas

Rahayuningtyas, Nana (2011) Analisis isi buku teks ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas 4 SD Negeri se-kota Malang / Nana Rahayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial SD. Bahan ajar merupakan bahan pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa belajar. Bahan ajar yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis (Permendiknas no. 2 tahun 2008). Buku teks merupakan salah satu bahan ajar tertulis. Buku teks merupakan bagian yang penting dalam kegiatan belajar mengajar terlebih lagi bagi guru yang tidak mampu atau tidak siap membuat bahan ajar sendiri berdasarkan Standar Kompetensi dalam kurikulum yang berlaku. Buku teks yang baik ialah buku teks yang isinya tidak lepas dari kurikulum karena buku teks memang mengacu pada kurikulum. Berdasarkan hasil observasi terhadap buku IPS kelas 4 karangan Tantya Hisnu P. dan Winardi pada pokok bahasan peta pada minggu ke-4 di bulan januari ditemukan terdapat indikator yang belum muncul dalam buku teks. Indikator tesebut yaitu mendeskripsikan jenis-jenis peta maka ketika siswa membaca buku tersebut pengetahuan yang didapat siswa tidak menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini bermaksud untuk mengetahui prosentase kesesuaian indikator yang termuat dalam kurikulum dengan materi yang terdapat dalam buku teks. Peneliti ingin mengetahui kesesuaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang termuat dalam kurikulum dengan materi yang terdapat dalam buku teks. Setelah itu dilanjutkan dengan mengkaji tentang kesesuaian isi buku teks dilihat dari aspek kognitif yang meliputi adanya fakta konsep dan generalisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 buku IPS kelas 4 Sekolah Dasar Negeri di kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah buku IPS kelas 4 Sekolah Dasar karangan Tantya Hisnu P. dan Winardi. Berdasarkan hasil analisis terhadap buku karangan Tantya Hisnu P dan Winardi diketahui kesesuaian cakupan yang terangkum dalam buku teks IPS SD kelas 4 karangan Tantya Hisnu P. dan Winardi berdasarkan aspek kognitif yang berupa fakta konsep dan generalisasi dapat dikatakan telah sesuai. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis terdapat 64 fakta 67 konsep dan 35 generalisasi yang ingin dicapai. Dari data tersebut fakta yang telah muncul ada 45 atau 70 3% konsep yang telah muncul ada 29 atau 43 3% dan generalisasi yang telah muncul berjumlah 24 atau 68 6%. Dalam analisis selanjutnya diketahui ada kesesuaian isi buku teks IPS SD kelas 4 karangan Tantya Hisnu P. dan Winardi berdasarkan kurikulum dapat dikatakan telah sesuai. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis dari Kompetensi Dasar 1.1 Sampai Kompetensi Dasar 2.4 terdapat 52 materi pokok yang ingin dicapai. Materi pokok yang belum muncul ada 15 atau 28 8% dan yang telah muncul berjumlah 37 materi pokok atau 71 2%. Saran dalam penelitian ini yaitu peneliti diharapkan lebih banyak belajar supaya wawasan yang diperoleh lebih luas sehingga dalam melakukan analisis terhadap bahan ajar khususnya buku teks dapat lebih luas cakupannya. Selain itu nantinya peneliti sebagai calon guru hendaknya dapat menyusun bahan ajar yang baik yang sesuai dengan kurikulum yang ada. Dan guru sebagai pengajar hendaknya lebih selektif dalam memilih bahan ajar khususnya buku teks yang sesuai dengan kurikulum yang ada dan juga disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga informasi yang terangkum dalam buku teks dapat dengan mudah dipahami oleh siswa sehingga membantu dalam belajar serta peneliti menyarankan agar peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sejenis namun cakupan analisisnya bisa lebih luas misalkan dari aspek bahasa dan media dalam buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103539

Actions (login required)

View Item View Item