Kusumawati, Endah (2011) Peningkatan kemampuan bercerita dengan media boneka tangan pada siswa kelas II SDN Karangbesuki 4 Kecamatan Sukun kota Malang / Endah Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kemampuan bercerita media boneka tangan penggunaan media boneka tangan. Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat kemampuan bercerita siswa kelas II SDN Karangbesuki 4 Kecamatan Sukun Kota Malang rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Hasil penilaian kemampuan bercerita yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai rata-rata 49 63 (2) Siswa kurang berani bercerita di depan umum (3) Sebagian besar siswa merasa takut malu-malu dan enggan ketika ditunjuk bercerita di depan kelas dan (4) Siswa merasa kesulitan memilih kata-kata yang menarik pada saat bercerita dengan menggunakan bahasa Indonesia. Pada pembelajaran bercerita guru tidak menggunakan media yang dapat memotivasi siswa dalam bercerita. Hal ini menyebabkan kemampuan bercerita siswa rendah. Untuk itu perlu adanya media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa yaitu boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN Karangbesuki 4 Kecamatan Sukun Kota Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN Karangbesuki 4 Kecamatan Sukun Kota Malang dengan menggunakan media boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Karangbesuki 4 Kecamatan Sukun Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan 5 teknik yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi dan (5) Catatan Lapangan. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN Karangbesuki 4 Kecamatan Sukun Kota Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan awal siswa dalam bercerita adalah 49 63 dengan kriteria kurang. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata kemampuan bercerita siswa meningkat menjadi 63 26 dengan kriteria cukup. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kemampuan bercerita siswa mengalami peningkatan menjadi 70 57 dengan kriteria baik. Saran yang diberikan adalah hendaknya (1) guru dapat mengembangkan penggunaan media boneka tangan sebagai variasi strategi pembelajaran bercerita (2) Kepala Sekolah dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini kepada guru-guru dan menyediakan media boneka tangan yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |