Khotimah, Khusnul (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan CTL materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN Wonorejo I Lumbang Pasuruan / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar IPS CTL. Dalam pembelajaran IPS diharapkan guru menggunakan pendekatan yang memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan aspek kognitif juga meningkatkan sikap sosial dan keterampilan siswa. Gejala yang ada di SD adalah siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pokok tentang sumber daya alam. Pembelajaran IPS seharusnya menggunakan pendekatan pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata yang dialami siswa. Sehingga siswa mampu menerapkan hasil pembelajaran ke dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Salah satu pendekatan yang diprediksi marnpu mengembangkan potensi siswa tersebut adalah dengan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Wonorejo I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan hasil belajar siswa (2) Mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Wonorejo I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan pendekatan CTL. Jenis rancangan penelitian ini adalah PTK model Kemmis dan Taggart dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan 2 siklus setiap siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonorejo I sebanyak 17 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi wawancara test tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan pendekatan CTL pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonorejo I Lumbang Pasuruan. Hal ini terbukti pada pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 55 3 (cukup) siklus I rata-rata hasil belajar siswa 66 8 (baik) sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73 4 (baik). Dapat dinyatakan bahwa terdapat 15 dari 17 siswa yang telah mencapai KKM atau sebesar 80% siswa telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil temuan di lapangan selama penelitian dilaksanakan disarankan hendaknya guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Dengan penerapan pembelajaran yang baik dan sesuai maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |