Peningkatan hasil belajar PKn melalui model inkuiri yurisprudensi pada siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Imam Safii - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model inkuiri yurisprudensi pada siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Imam Safii

Safii, Imam (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model inkuiri yurisprudensi pada siswa kelas V SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar / Imam Safii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar PKn model Inkuiri Yurisprudensi Penelitian ini berlakang belakang adanya kualitas pembelajaran di kelas VA SDN Sidodadi 02 Kabupaten Blitar yang relatif rendah. Pembelajaran yang masih terpusat pada guru guru masih tergantung pada buku teks guru masih banyak menggunakan cara-cara lama dan keaktivan siswa dalam belajar juga masih rendah. Hal ini terlihat dari 18 siswa yang mendapatkan nilai di atas 70 hanya 7 siswa (39%). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas VA yang ditandai dengan pembelajaran yang menerapkan model Inkuiri Yurisprudensi pembelajaran yang lebih terpusat pada siswa guru tidak tergantung pada buku teks situasi pembelajaran yang kondusif dan terjadi peningkatan keaktivan dan kreatifitas siswa. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model spiral. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidodadi 02 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dengan subjek penelitian siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara angket dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh peningkatan kualitas proses dan hasil belajar PKn di kelas VA. Peningkatan kualitas proses terlihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dari siklus 1 yaitu 64 5 meningkat menjadi 96 atau presentase ketuntasan 28% meningkat menjadi 83% pada siklus 2. Dari 5 siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 meningkat menjadi 15 siswa. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 yaitu 74 meningkat menjadi 97 atau presentase ketuntasan 55% meningkat menjadi 100% pada siklus 2. Dari 12 siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 meningkat menjadi 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Yurisprudensi dapat meningkatkn kualitas proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada Standar Kompetensi 4 yaitu menghargai keputusan bersama. Untuk itu hendaknya para guru menerapkan model Inkuiri Yurisprudensi kepada siswa supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal/meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103536

Actions (login required)

View Item View Item