Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membuat hiasan teknik mozaik pada pembelajaran SBK kelas IV SDN Dampit 02 Kabupaten Malang / Aminnatul Widyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membuat hiasan teknik mozaik pada pembelajaran SBK kelas IV SDN Dampit 02 Kabupaten Malang / Aminnatul Widyana

Widyana, Aminnatul (2011) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membuat hiasan teknik mozaik pada pembelajaran SBK kelas IV SDN Dampit 02 Kabupaten Malang / Aminnatul Widyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode demonstrasi hiasan mozaik SD Pembelajaran SBK di SDN Dampit 02 kurang berkembang khususnya di bidang keterampilan berolah seni rupa. Selama ini pembelajaran belum memenuhi SK dan KD berdasarkan kurikulum yang hendak dicapai. Sehingga kemampuan siswa dalam bidang keterampilan kurang berkembang. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan siswa tersebut adalah melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran SBK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode demonstrasi dalam pembuatan hiasan dengan teknik mozaik pada matapelajaran SBK (2) peningkatan kemampuan dalam pembuatan hiasan dengan teknik mozaik melalui penerapan metode demonstrasi di kelas IV SDN Dampit 02 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian siswa kelas IV di SDN Dampit 02 sebanyak 38 siswa dan guru yang melaksanakan pembelajaran. Pengumpulan data melalui observasi wawancara dokumentasi dan dengan menggunakan instrumen penelitian. Hasil penelitian berupa paparan data mengenai proses dan hasil kerajinan pembuatan hiasan mozaik sesudah diadakan tindakan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian penerapan metode demonstrasi mempermudah mengajarkan proses pembuatan hiasan mozaik pada siswa dari mendemonstrasikan merancang gambar pada bidang mendemonstrasikan memberi lem mendemonstrasikan menempel biji-bijian dan kertas berwarna sampai merapikannya. Ada peningkatan keaktifan siswa dengan mencoba membuat karya sendiri siswa juga telah mampu mengkreasikan karyanya sesuai keinginan masing-masing pada waktu membuat hiasan mozaik pada bidang dan kerajinan untuk tempat pensil serta kejelasan materi yang menjadikan kemampuan siswa meningkat. Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan proses dan hasil siswa dalam membuat hiasan dengan teknik mozaik. Peningkatan kemampuan proses dan hasil dapat diamati mulai dari pratindakan sampai siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan aspek kemampuan proses dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 2 5% (82 5%-85%) dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6% (85%-91%). Peningkatan aspek kemampuan hasil dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 2% (75%-77%) dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 7 5% (77%-84 5%). Disarankan sebaiknya guru menerapkan metode demonstrasi untuk mengajarkan materi yang membutuhkan banyak kegiatan praktik. Hendaknya guru juga memperhatikan pengelolaan kelas terutama saat mendemonstrasikan materi agar seluruh siswa dapat meningkatkan kemampuan hasil mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103535

Actions (login required)

View Item View Item