Perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning di SDN 1 Siwalan kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo / Sri Wahyu Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning di SDN 1 Siwalan kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo / Sri Wahyu Handayani

Handayani, Sri Wahyu (2011) Perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS antara sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning di SDN 1 Siwalan kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo / Sri Wahyu Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning IPS SD. Hasil tes awal penelitian dalam pemahaman mata pelajaran IPS kelas IV semester II dengan materi pokok permasalahan sosial yang diujikan kepada siswa kelas IV SDN 1 Siwalan kec. Mlarak kab. Ponorogo menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam memahami masalah sosial mendapatkan nilai terendah. Siswa kurang memahami materi permasalahan sosial karena kejenuhan siswa terhadap pelajaran dan guru mengharuskan siswa untuk mendengarkan penjelasan guru. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman materi permasalahan sosial yaitu berdasarkan model pembelajaran kontruktivisme tipe problem based learning melalui tahap (1) Mendefinisikan masalah (2) Mendiagnosis masalah (3) Melakukan alternatif strategi (4) Menentukan dan menetapkan strategi pilihan dan (5) Melakukan evaluasi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS antara Sebelum dan Sesudah Menggunakan Model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran kontruktivisme tipe problem based learning untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS tentang permasalahan sosial siswa kelas IV SDN 1 Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini memilih siswa SDN 1 Siwalan Ponorogo sebagai populasinya. Sampel yang dipilih adalah satu kelas eksperimen yaitu kelas IV. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah penetapan. Instrumen pelaksanaan yang dipakai dalam penelitian ini berupa RPP dan LKS. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan dan data hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan compare Means dengan One-Sampel T Test dari hasil analisis uji normalitas pada pretes (sebelum menggunakan model) menyatakan hasil yang tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diberi pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pembelajaran sebelum menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai sebelum menggunakan model PBL (kemampuan awal) nilainya 80 00 sedangkan rata-rata nilai setelah menggunakan model PBL (hasil belajar) nilainya 80 83.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103533

Actions (login required)

View Item View Item