Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang / Elminawati Sutomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang / Elminawati Sutomo

Sutomo, Elminawati (2011) Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang / Elminawati Sutomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran Generatif hasil belajar IPA aktivitas siswa Berdasarkan hasil observasi awal proses pembelajaran masih didominasi oleh guru aktivitas siswa sangat rendah karena siswa cenderung pasif dan hasil belajar siswa masih rendah yang dibuktikan dengan 32 siswa masih di bawah standar yang ditentukan. Untuk itu model Generatif ini dimungkinkan dapat mengatasi masalah tersebut.Pembelajaran generatif merupakan model pembelajaran yang menuntut pamaduan konsep awal siswa dengan pengetahuan baru yang diperoleh siswa setelah siswa melakukan percobaan untuk membuktikannya. Melalui model pembelajaran generatif ini siswa akan aktif untuk melakukan percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran generatif pada pembelajaran IPA (2) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V melalui penerapan modelpembelajaran generatif serta (3) peningkatan hasil belajar IPA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Oro-oro Dowo Malang dengan jumlah siswa 41 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Analisis dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I aktivitas siswa masih dibawah 70% yang mendapat kriteria baik sampai sangat baik yaitu 40 3%. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas siswa mencapai 78 7% dengan. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 60 5%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77% dengan nilai di atas 70. Aktivitas guru dan juga keterlaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu ada saran diberikan oleh peneliti kepada guru dan juga teman sejawat agar selalu teliti dalam mengatur alokasi waktu pembelajaran dan pengelolaan kelas serta langkah-langkah pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103532

Actions (login required)

View Item View Item