Peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui pendekatan contextual teaching learning di SD NU Bahrul Ulum kota Malang / Erie Saptaniastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui pendekatan contextual teaching learning di SD NU Bahrul Ulum kota Malang / Erie Saptaniastuti

Saptaniastuti, Erie (2011) Peningkatan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui pendekatan contextual teaching learning di SD NU Bahrul Ulum kota Malang / Erie Saptaniastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci IPA pembelajaran CTL Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik (Slameto 2010 1). Berdasarkan hasil Observasi awal di SD NU Bahrul Ulum Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IV pada materi Daur Hidup Hewan masih dilakukan guru secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan siswa bahwa masih terdapat 18 siswa (82%) belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 63. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL di Kelas IV SD NU Bahrul Ulum dalam pembelajaran IPA (2) peningkatan aktivitas siswa kelas IV SD NU Bahrul Ulum dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan CTL (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD NU Bahrul Ulum dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan CTL. Penelitian ini dilakukan di SD NU Bahrul Ulum Kota Malang dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPA siswa kelas IV mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor rata-rata keberhasilan tindakan adalah 82 dan pada siklus II adalah 94. Hasil aktivitas belajar siswa juga meningkat dari siklus I yang masih ada beberapa siswa yang berada pada kategori D dan C pada siklus II hampir semua siswa berada pada kategori B dan A. Hal ini dapat dibuktikan dari skor rata-rata hasil aktivitas siswa pada siklus I adalah 74 dan pada siklus II adalah 90. Selain meningkatkan aktivitas belajar juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 72 pada siklus I meningkat menjadi 79 pada siklus II. Dari kegiatan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti siswa ramai atau bermain sendiri guru harus lebih merata dalam mengelola kelas supaya seluruh siswa memperoleh perhatian yang sama. Selain itu guru sebaiknya lebih membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil penemuannya sehingga konsep yang ditemukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103530

Actions (login required)

View Item View Item