Handayani, Feni (2011) Penerapan model QWH-Chart untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Merjosari I Malang / Feni Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci QWH-Chart aktivitas hasil belajar. QWH-Chart adalah model pembelajaran yang menekankan pada keaktivan siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri melalui kegiatan membaca memahami dan menemukan hal penting untuk kemudian mengajukan suatu masalah dalam bentuk pertanyaan yang sebelumya siswa diajak untuk melakukan kegiatan pengamatan. Hasil observasi awal ditemukan fakta bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN Merjosari I selama ini masih menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang pasif tidak mampu mengingat konsep yang telah dipelajari sehingga siswa tidak mampu menjawab pertanyaan karena selama pembelajarannya guru melakukan ceramah. Hal ini disebabkan karena kurang tersedianya media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan model QWH-Chart pada pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Merjosari 1 Malang penerapan model QWH-Chart yang dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN Merjosari 1 Malang dan penerapan model QWH-Chart yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Merjosari 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data mengenai aktivitas guru dalam menerapkan model QWH- Chart aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Instrumen yang digunakan berupa RPP LKK evaluasi lembar observasi guru dan siswa dalam menerapkan QWH-Chart dan format penilaian hasil belajar siswa. Kegiatan analisi data dimulai dari tahap pemaparan data reduksi data kategorisasi data pemaknaan dan penyimpulan hasil analisis. Berdasarkan hasil analisis penerapan model QWH-Chart dalam pembelajaran IPA kelas III SDN Merjosari 1 pada siklus I aktivitas belajar siswa adalah 22 63% dan pada siklus II adalah 56 67%. Pada hasil belajar didapatkan hasil ketuntasan klasikal 58 06% pada siklus I dan 60% pada siklus II. Model QWH-Chart belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Merjosari 1 Malang secara maksimal. Maka disarankan pada peneliti lain jika ingin menggunakan model QWH-Chart dalam pembelajaran IPA akan lebih baik jika diiringi dengan kegiatan eksperimen agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103529 |
Actions (login required)
View Item |