Penerapan strategi pembelajaran index card match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 kota Batu / Ervan Yopi Putranto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran index card match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 kota Batu / Ervan Yopi Putranto

Putranto, Ervan Yopi (2011) Penerapan strategi pembelajaran index card match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 kota Batu / Ervan Yopi Putranto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci index card match aktivitas hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas 5 SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu pada waktu pembelajaran IPS didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi dan siswa terlihat kurang aktif. Siswa kurang memahami materi proklamasi kemerdekaan Indonesia karena siswa hanya mendengarkan penjelasan guru didepan kelas yang mengakibatkan ingatan siswa yang bersifat sementara. Dari nilai siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 63 dengan ketuntasan kelas 36 84% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65.00 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match melalui pencarian kartu indeks yang terdiri dari dua bagian yaitu kartu soal dan kartu jawaban. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran index card match dalam pembelajaran IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis MC. Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu dengan prosedur (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan penilaian (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) dokumentasi dan (4) soal-soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan keberanian mencocokan kartu soal dan jawaban. Peningkatan rerata aktivitas siswa dari siklus I dengan nilai 62 13 ke siklus II dengan nilai 85 03 sebesar 22 09%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan nilai 63 meningkat menjadi dengan nilai 66 97 dan pada siklus II meningkat dengan nilai 84 21 dengan prosentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 3 97% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 24% sehingga prosentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 21 21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103525

Actions (login required)

View Item View Item