Penerapan model pembelajaran broken shapes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Sumbersari 2 Malang / Endah Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran broken shapes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Sumbersari 2 Malang / Endah Nurhayati

Nurhayati, Endah (2011) Penerapan model pembelajaran broken shapes untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Sumbersari 2 Malang / Endah Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Broken Shapes aktivitas hasil belajar IPS. Dari hasil pengamatan wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti pada pembelajaran IPS Kelas V SDN Sumbersari 2 Malang diperoleh data tentang permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu penerapan pembelajaran inovatif belum maksimal aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilaksanakan sebuah penelitian sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Broken Shapes pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Sumbersari 2. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu tentang penerapan Model Pembelajaran Broken Shapes peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar Siswa Kelas V SDN Sumbersari 2 Malang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumbersari 2 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 18. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan nontest. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pedoman observasi pedoman wawancara dan lembar catatan lapangan.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data secara kualitatif. Penelitian ini direncanakan dan dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat kali pertemuan pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Adapun model yang dipilih dalam penelitian ini adalah menggunakan model PTK kolaboratif dengan acuan model siklus Kemis McTaggart yang terdiri dari perencanaan tindakan dan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan langkah Model Pembelajaran Broken Shapes aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus 1 nilai aktivitas siswa secara klasikal yaitu 81 84 dan pada siklus 2 nilai aktivitas siswa secara klasikal yaitu 86 12. Dari siklus 1 ke siklus 2 nilai aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebanyak 4 28. Nilai rata-rata siswa secara klasikal pada pra tindakan yaitu 49 62 pada siklus 1 nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu 68 53 pada siklus 2 nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu 83 38. Dari data tersebut diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14 85. Disarankan Model Pembelajaran Broken Shapes diterapkan dalam mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran lain dengan materi yang berbeda sesuai dengan langkah pelaksanaan Model Pembelajaran Broken Shapes sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103521

Actions (login required)

View Item View Item