Peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas V melalui pembelajaran kooperatif model talking stick di SDN Kidul Dalem 2 kota Malang / Priya Dwi Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas V melalui pembelajaran kooperatif model talking stick di SDN Kidul Dalem 2 kota Malang / Priya Dwi Atmaja

Atmaja, Priya Dwi (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN siswa kelas V melalui pembelajaran kooperatif model talking stick di SDN Kidul Dalem 2 kota Malang / Priya Dwi Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PKn Aktivitas Hasil Belajar Model Talking Stick. Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Dominasi gurudalam proses pembelajaran tersebut dapat menyebabkan siswa lebih bersifat pasif (2) Aktivitas pembelajaran berpusat pada guru (3) Guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan.Sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari menemukan sendiri pengetahuan atau sikap dalam pembelajaran PKn. Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model talking stick. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Kidul Dalem 2 dan (2) Mendeskripsikan penerapan model talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Kidul Dalem 2. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan empat cara dalam pengumulan data yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran model talking stick pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang dengan materi kebebasan berorganisasi terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam setiap siklus ketuntasan hasil belajar pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada tahap tindakan pada siklus I 86 2% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 100%. Ketuntasan hasil belajar pada aktivitas belajar siswa dari siklus I naik 13 8% ke siklus II. Dalam setiap siklus ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa mengalami peningkatan yaitu pada nilai awal sebelum tindakan adalah 51 7% pada siklus I ada 75 8% dan pada siklus II ini mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu 100%. Ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa dari nilai awal ke siklus I naik 24 1% dan dari siklus I ke siklus II naik 24 2%. Kendala dari penggunaan model ini adalah membutuhkan pengkoordinasian kelas yang bagus. Saran yang diberikan hendaknya guru menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menarik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103520

Actions (login required)

View Item View Item