Peningkatan hasil belajar IPS kelas V dengan menerapkan model pembelajaran make a match di SDN Kidul dalem 2 Malang / Rifka Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS kelas V dengan menerapkan model pembelajaran make a match di SDN Kidul dalem 2 Malang / Rifka Isnaini

Isnaini, Rifka (2011) Peningkatan hasil belajar IPS kelas V dengan menerapkan model pembelajaran make a match di SDN Kidul dalem 2 Malang / Rifka Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Make A Match Model Pembelajaran Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Dominasi guru dalam proses pembelajaran tersebut dapat menyebabkan siswa lebih bersifat pasif (2) Guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari menemukan sendiri pengetahuan atau sikap dalam pembelajaran IPS. Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang dan (2) Mendeskripsikan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan empat cara dalam pengumulan data yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran model Make A Match pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang dengan materi Menghargai Peranan Para Tokoh Pejuang dan Masyarakat dalam Mempersiapkan dan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN Kidul Dalem 2 Malang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam setiap siklus ketuntasan hasil belajar pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada tahap tindakan pada siklus I 61 1% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 100%. Ketuntasan hasil belajar pada aktivitas belajar siswa dari siklus I naik 38 9% ke siklus II. Dalam setiap siklus ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa mengalami peningkatan yaitu pada nilai awal sebelum tindakan adalah 13 7% pada siklus I ada 48 3% dan pada siklus II ini mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu 100%. Ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa dari nilai awal ke siklus I naik 34 6% dan dari siklus I ke siklus II naik 51 7%. Saran yang diberikan hendaknya guru menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menarik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103519

Actions (login required)

View Item View Item