Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa kelas II di SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar / Nur Aminatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa kelas II di SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar / Nur Aminatus Sa'diyah

Sa'diyah, Nur Aminatus (2011) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa kelas II di SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar / Nur Aminatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar IPS pendekatan lingkungan sumber belajar Nilai hasil belajar IPS siswa kelas II SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar masih kurang memuaskan yaitu hanya 8 siswa dari 28 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Hal ini berarti hanya 32% siswa yang tuntas belajar. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat klasikal dan berpusat pada buku pegangan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya tindakan pembelajaran yang mengupayakan siswa mendapatkan pengalaman langsung dalam belajar agar hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah dilaksanakan penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kamulan 02 Kabupaten Blitar pada kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan catatan lapangan dengan menggunakan instrumen pedoman observasi guru pedoman observasi siswa lembar tes akhir dan lembar catatan lapangan. Setelah menggunakan pendekatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS aktivitas siswa meningkat 17% dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu mencapai 86%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan 33% dari pra tindakan ke siklus 1 dan meningkat 17% dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu mencapai 79%. Tapi pada akhir siklus terdapat 7 siswa yang tidak tuntas dalam mengerjakan tes akhir. Hal ini karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sering bermain pada saat dijelaskan mengalami keterlambatan belajar (slow learner) dan guru kurang tegas kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan aktivitas siswa. Berdasarkan hal tersebut hendaknya guru lebih memanfaatkan lingkungan untuk membantu proses pelaksanaan pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103517

Actions (login required)

View Item View Item