Penggunaan hyperlink pada mind mapping untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri Karang Besuki 1 Kecamatan Sukun kota malang / Praharisti Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan hyperlink pada mind mapping untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri Karang Besuki 1 Kecamatan Sukun kota malang / Praharisti Kurniasari

Kurniasari, Praharisti (2011) Penggunaan hyperlink pada mind mapping untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri Karang Besuki 1 Kecamatan Sukun kota malang / Praharisti Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hyperlink Mind Mapping Proses Belajar Hasil Belajar Pembelajaran IPS SD. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada di SDN Karang Besuki 1 Kota Malang terhadap proses pembelajaran IPS telah ditemukan permasalahan yaitu guru menggunakan pembelajaran tradisional dan hanya mengejar target terselesainya materi pelajaran. Guru monoton dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah tanya jawab diskusi dan presentasi berdasarkan LKS sehingga siswa cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh siswa. Dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 58 ternyata hanya 6 siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar dan 32 siswa yang belum tuntas. Artinya ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai hanya 16% siswa tuntas belajar dan yang belum tuntas 84%. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan hyperlink pada mind mapping dan mendeskripsikan penggunaan hyperlink pada mind mapping dalam meningkatakan proses dan hasil belajar IPS SD di SDN Karangbesuki 1 Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dalam bentuk kolaboratif partisipatoris. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi teknik penilaian hasil karya siswa teknik angket skala sikap wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan hyperlink pada mind mapping hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi hasil belajar siswa. Peningkatan nilai rata-rata hasil karya siswa pada pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 39 55 menjadi 60 69 dan pada siklus II menjadi 76 92. Hasil tes akhir juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil tes akhir dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 38 93 menjadi 57 89 dan pada siklus II menjadi 73 76. Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 39 90 menjadi 76 76 dan pada siklus II meningkat menjadi 81 05. Sedangkan hasil skala sikap juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil skala sikap siswa dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 16 05 menjadi 25 65 (dari rendah menjadi tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 31 21 (dari tinggi menjadi sangat tinggi). Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah untuk Kepala Sekolah sedapat mungkin menyediakan sumber bacaan lebih lengkap dan bervariasi jenisnya (bukan buku saja) baik di perpustakaan maupun sudut baca di kelas. Selain itu untuk menunjang pembelajaran yang menggunakan hyperlink diharapkan sekolah mempunyai alat-alat yang menunjang untuk pembelajaran tersebut misalnya computer dan LCD. Bagi guru hendaknya mampu mengoperasikan komputer dan menguasai program aplikasi pendukung mind mapping sehingga dapat menggunakan hyperlink pada mind mapping dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain hendaknya hendaknya perlu dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan agar memperoleh hasil yang lebih baik lagi. Peneliti lain dapat menguji atau meneliti pada pokok bahasan yang lain atau bidang studi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103515

Actions (login required)

View Item View Item