Penerapan model talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 kecamatan Blimbing kota Malang / Heppi Sasmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 kecamatan Blimbing kota Malang / Heppi Sasmoko

Sasmoko, Heppi (2011) Penerapan model talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Pandanwangi 4 kecamatan Blimbing kota Malang / Heppi Sasmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Talking Stick Pembelajaran IPS SD Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang kelas V masih berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari metode yang digunakan yaitu ceramah pemberian tugas dan drill disamping itu guru hanya menggunakan satu sumber belajar dan tidak menggunakan media. Aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran tegolong rendah hal ini terlihat dari rendahnya kemauan siswa untuk mengerjakan latihan-latihan yang diberikan guru. Hasil ulangan harian siswa hanya mencapai rata-rata 60 dan hanya ada 9 siswa (40 9%) dari 22 siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking Stick aktivitas siswa ketika diterapkan model Talking Stick dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Talking Stick. Model Talking Stick adalah salah satu model pembelajaran koperatif yang dirancang dalam bentuk permainan dengan menggunakan bantuan tongkat yang bertujuan mendorong siswa untuk berani mengungkapkan pendapat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data tentang penerapan model Talking Stick dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi penyusunan RPP dan penerapan model Talking Stick lembar observasi aktivitas siswa teknik dokumentasi dengan kamera.Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan instrument soal tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan pembelajran IPS kompetensi dasar menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia SDN Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penerapan model berturut-turut dari siklus I dan II memperoleh nilai 90 3 dan 93 4. Aktivitas belajar siswa kelas V dalam belajar IPS meningkat ketika diterapkan model Talking Stick aktivitas belajar siswa pada sikus I dan II memperoleh nilai rata-rata 64 8 dan 74 7. Hasil belajar siswa kelas V dalam belajar IPS meningkat setelah diterapkan model Talking Stick. Siswa yang mendapat Kriteria tuntas belajar berturut-turut pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 sebanyak 15 siswa atau 68 1% 16 siswa atau 72 7% 19 siswa atau 86 3% dan 21 siswa atau 95 5%. Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V untuk itu disarankan agar guru menerapkan model Talking Stick dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103514

Actions (login required)

View Item View Item