Sari, Patricia Anjani (2011) Penggunaan model mnemonik untuk meningkatkan kemampuan menghafal dengan efektif dan menyenangkan dalam pelajaran PKn kelas IV SDN Sumbersari 1 Malang / Patricia Anjani Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PKn SD Model Mnemonik Kemampuan Menghafal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SD adalah mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan bagi siswa SD akan status hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Didalam penelitian ini penulis menemukan berbagai masalah dengan pembelajaran PKn khususnya dalam kemampuan menghafal siswa kurang senang dengan kegiatan menghafal karena bagi mereka menghafal adalah hal yang membosankan. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model mnemonik Model mnemonik adalah teknik menghafalkan sesuatu dengan bantuan . Bantuan tersebut bisa berupa singkatan pengandaian dengan benda atau linking (mengingat sesuatu berdasarkan hubungan dengan suatu hal lain) sehingga dapat membantu siswa dalam penghafalan materi pelajaran PKn yang diberikan oleh guru. Teknik tersebut diuji dengan lagu yang didalamnya terdapat materi pelajaran berupa rangkaian cerita yang terdapat kata kunci berdasarkan materi atau bahkan berupa gambar yang dapat membangkitkan memori anak terhadap materi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendeskripsikan penggunaan Model Mnemonik siswa kelas IV SDN Sumbersari 1 pada pelajaran PKn (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Sumbersari 1 dalam pelajaran PKn dengan menggunakan model mnemonik (3) Mendeskripsikan kemampuan menghafal siswa dengan penggunaan model mnemonik dalam pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Sumbersari 1 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 1 Malang. Data diperoleh dengan menggunakan metode pengamatan langsung wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan model mnemonik pedoman wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa. Dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa pengunaan model mnemonik dapat meningkatkan kemampuan menhafal siswa kelas IV SDN Sumbersari 1 Malang. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kemampuan menghafal siswa dapat meningkatkan dari 65 58 pada siklus 1 meningkat menjadi 65 88 dan akhirnya pada siklus 2 meningkat menjadi 75 29. Guru harus lebih kreatif dalam proses belajar mengajar agar siswa mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi. Pengunaan model Mnemonik akan memudahkan siswa dalam melakukan proses menghafal dengan efektif dan menyenangkan Model Mnemonik ternyata mampu meningkatkan kemampuan menghafal siswa dengan efektif dan menyenangkan. Dari uraian diatas dapatlah dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan model mnemonik. Sebagai saran kepada guru dan sekolah sebaiknya lebih kreatif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) terutama dalam proses menghafal siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |