Febrianawati, Nanik (2011) Peningkatan hasil belajar soal cerita melalui scaffolding pada siswa kelas IV SDN Kauman 1 kota Blitar / Nanik Febrianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar soal cerita scaffolding. Pembelajaran matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Hal ini dikarenakan pelajaran Matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk memahami konsep matematika memecahkan masalah mengkomunikasikan gagasan dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataan di lapangan masih banyak siswa Sekolah Dasar (SD) yang kurang tertarik mempelajari matematika mereka menganggap bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit. Hal ini muncul karena siswa kurang memahami materi yang diberikan. Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran Matematika di SDN Kauman 1 Kota Blitar diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu masih banyak siswa yang belum memahami langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan Scaffolding dalam meningkatkan hasi belajar soal cerita pada siswa kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar soal cerita melalui Scaffolding pada siswa kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes wawancara dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang soal cerita. Peningkatan tersebut diketahui dari nilai tes siswa pada pra tindakan skor rerata hasil belajar adalah 50 dan daya serap klasikal 33% dengan 6 siswa memperoleh nilai dibawah KKM pada siklus I rerata 64 dan daya serap klasikal 67% dengan 3 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dan pada siklus II rerata 83 dan daya serap klasikal mengalami peningkatan yaitu 100% dimana siswa memperoleh nilai diatas KKM. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui Scaffolding dalam pembelajaran matematika soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penerapan pembelajaran melalui Scaffolding yaitu guru memberikan bantuan berupa pertanyaan yang mengarahkan petunjuk peringatan media motivasi serta tindakan-tindakan lain agar siswa dapat memahami dan menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah yang runtut dan benar yaitu menuliskan apa yang diketahui apa yang ditanyakan menuliskan kalimat/model matematika dengan benar mencari jawaban dan memeriksa kebenaran jawaban dari soal cerita. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran yaitu bagi peneliti diharapkan untuk dapat mengidentifikasi kesulitan masing-masing siswa dengan cermat agar dapat memilih dan memberikan bantuan seperlunya sesuai dengan kesulitan yang mereka hadapi tanpa memberikan jawaban secara langsung. Dan bagi siswa dalam menyelesaikan soal cerita diharapkan menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut dan benar. Sedangkan bagi guru SD agar menggunakan Scaffolding dalam pembelajaran matematika lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |