Meningkatkan hasil belajar melalui inquiring mind whats to know dalam pembelajaran IPS pada kelas V SDN Kepanjenlor 02 kota Blitar / Faizal Mahmud - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar melalui inquiring mind whats to know dalam pembelajaran IPS pada kelas V SDN Kepanjenlor 02 kota Blitar / Faizal Mahmud

Mahmud, Faizal (2011) Meningkatkan hasil belajar melalui inquiring mind whats to know dalam pembelajaran IPS pada kelas V SDN Kepanjenlor 02 kota Blitar / Faizal Mahmud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar model Inquiring mind whats to know pembelajaran IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang materinya berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya dengan cakupan materi yang luas. Namun guru IPS saat melaksanakan pembelajaran didominasi menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode yaitu ceramah dan pemberian tugas dan guru tidak memanfaatkan media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang searah menyebabkan motivasi dan minat belajar siswa rendah siswa kurang aktif yang berdampak pada proses dan hasil belajar siswa yang hanya mengalami ketuntasan belajar 41% dari KKM sekolah 70% yaitu 21 siswa yang belum tuntas belajar dari 36 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) pembelajaran inquiring mind whats to know (membangkitkan rasa ingin tahu siswa melalui penyelidikan) dan (2) peningkatan hasil belajar IPS pada kelas VB di SDN Kepanjenlor 02 kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri 2 siklus tiap siklus 3 pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap perencanaan tindakan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara lembar observasi baik untuk aktivitas siswa maupun kemampuan guru catatan lapangan hasil tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model inquiring mind whats to know dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ini terbukti dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar Peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru dari siklus 1 yang masih ada beberapa hambatan dalam pembelajaran dapat teratasi pada siklus 2 dengan presentase 66% keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus 1naik menjadi 94% pada siklus 2. Pada aktivitas pembelajaran nilai siswa pada pratindakan 0 karena tidak ada penilaian proses. Siklus 1 nilai rata-rata siswa 66 dengan persentase ketuntasan klasikal 53% yaitu 19 siswa. Sedangkan siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 79 dengan ketuntasan klasikal 89% yaitu 32 siswa. siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan 41% dari 36 siswa yaitu 15 siswa meningkat menjadi 53% atau 19 siswa pada siklus1. Persentase tersebut masih belum memenuhi standar yang telah ditetapkan yaitu 70% atau 25 siswa meskipun telah mengalami peningkatan maka dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 persentase siswa yang tuntas belajar naik menjadi 83% yaitu 30 siswa. Sedangan 17% dari 36 siswa yaitu 6 siswa belum tuntas belajar karena lemah dalam pengetahuannya dan kurang aktif mengikuti pembelajaran. Disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model inquiring mind whats to know bila dilaksanakan terus menerus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran inquiring mind whats to know dalam pembelajaran IPS agar aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103510

Actions (login required)

View Item View Item