Penerapan pendekatan kooperatif problem posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sdit Insan Permata Malang / Diana Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kooperatif problem posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sdit Insan Permata Malang / Diana Fitriani

Fitriani, Diana (2011) Penerapan pendekatan kooperatif problem posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sdit Insan Permata Malang / Diana Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran kooperatif problem posing. Model pembelajaran kooperatif problem posing adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan pemikiran siswa untuk mengembangkan pemahaman melalui pembuatan pertanyaan. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah semua siswa kelas V yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Oktober 2010 dan direncanakan berakhir pada bulan Januari 2011. Data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung skor pertanyaan siswa dalam LPP (Lembar Problem Posing) I dan II selama pembelajaran berlangsung dan skor jawaban siswa selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes akhir siklus yang dinilai setelah pemberian tindakan model pembelajaran kooperatif problem posing. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah (1) skor aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung (2) skor pertanyaan siswa dalam LPP (Lembar Problem Posing) I dan II selama pembelajaran berlangsung (3) skor jawaban siswa selama pembelajaran berlangsung (4) skor tes akhir siklus dan (5) skor hasil observasi keterlaksanaan tindakan yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kooperatif problem posing dapat meningkatkan hasil belajar hal ini terbukti bahwa masingmasing kegiatan meningkat. Kegiatan pada siklus I dipeoleh hasil 15 siswa (71%) yang termasuk kategori tuntas belajarnya yaitu hasil belajar siswa sudah mencapai di atas KKM sedangkan 6 siswa (29%) yang termasuk kategori belum tuntas belajarnya yaitu hasil belajar siswa masih di bawah. Rata-rata hasil belajar dari 21 siswa adalah 82 6 (82 6%). Pada siklus II diperoleh hasil semua siswa sudah tuntas dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70. Rata-rata hasil belajar dari 20 siswa adalah 90. Bedasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran untuk memperhatikan aspek psikis anak saat membentuk kelompok. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada jalannya proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103509

Actions (login required)

View Item View Item