Peningkatan hasil belajar bilangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Jimbe 03 Kabupaten Blitar / Yayuk Sri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar bilangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Jimbe 03 Kabupaten Blitar / Yayuk Sri Rahayu

Rahayu, Yayuk Sri (2011) Peningkatan hasil belajar bilangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Jimbe 03 Kabupaten Blitar / Yayuk Sri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar bilangan pecahan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT). Hasil observasi awal di SDN Jimbe 03 Kabupaten Blitar pada pembelajaran matematika kelas IV materi bilangan pecahan diperoleh data bahwa siswa masih belum mengusai materi bilangan pecahan. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran yaitu hanya 29% siswa yang mencapai KKM yaitu 65. 71% siswa belum mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran bilangan pecahan di kelas IV (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bilangan pecahan di kelas IV. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jimbe 03 Kabupaten Blitar pada kelas IV dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan. Hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan proses belajar siswa pada siklus I yaitu 66% dan meningkat pada siklus II menjadi 92% dan pada hasil belajar yaitu diperoleh rata-rata presentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan yaitu 29% dan meningkat menjadi 63% pada siklus I dan pada siklus II jumlah ini terus meningkat menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bilangan pecahan. Dengan demikian hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT agar pembelajaran matematika khususnya materi bilangan pecahan yang dilakukan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103508

Actions (login required)

View Item View Item