Peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi pembelajaran kemampuan berpikir (SPKB) siswa kelas III SDN Sumberdiren 1 Kabupaten Blitar / Fibri Erik Sumantri Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi pembelajaran kemampuan berpikir (SPKB) siswa kelas III SDN Sumberdiren 1 Kabupaten Blitar / Fibri Erik Sumantri Yahya

Yahya, Fibri Erik Sumantri (2011) Peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi pembelajaran kemampuan berpikir (SPKB) siswa kelas III SDN Sumberdiren 1 Kabupaten Blitar / Fibri Erik Sumantri Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Strategi Pembelajaran Kemampuan Berpikir (SPKB) bahasa lisan keterampilan berbicara Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia tentang keterampilan berbicara (lisan) melalui bahasa petunjuk di SDN Sumberdiren 1 Kecamatan Garum kabupaten Blitar diantaranya (1) siswa tidak terbiasa menuangkan gagasannya melalui proses berpikir secara lisan dalam hal ini siswa pasif dalam pembelajaran (2) penguasaan materi oleh siswa hanya bersifat hafalan (3) kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa (4) suasana pembelajaran yang kurang kondusif karena kurang didukung oleh media pembelajaran yang tepat dan menarik dan (5) lemahnya bimbingan guru terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kemampuan berpikir (SPKB) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III. Sehingga nantinya dapat dilihat sejauh mana penerapan strategi pembelajaran kemampuan berpikir dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian ini bersifat siklis artinya penelitian tindakan kelas terikat siklus sebagai prosedur baku penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini juga menerapkan tahapan Strategi Pembelajaran kemampuan Berpikir yaitu (1) tahap orientasi (2) tahap pelacakan (3) tahap konfrontasi (4) tahap inkuiri (5) tahap akomodasi dan (6) tahap transfer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan berbicara dengan menerapkan strategi pembelajaran kemampuan berpikir dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan rekapitulasi persentase hasil belajar pada pratindakan nilai rata-rata siswa 68 90% 45% siswa tuntas dan 55% siswa tidak tuntas. Pada siklus I menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 73 32% yaitu sebanyak 67 50% siswa tuntas dan 32 50% siswa belum tuntas. Hal tersebut belum menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal. Sedangkan pada siklus II hasil belajar dalam keterampilan berbicara siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 75 15% yaitu sebanyak 85% siswa tuntas dan15% siswa belum tuntas. Hal tersebut tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103507

Actions (login required)

View Item View Item