Manfaatiyas, Alipiana (2011) Peningkatan hasil belajar melalui metode penemuan terbimbing (Discovery) dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Turi 02 kecamatan Sukorejo kota Blitar / Alipiana Manfaatiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran IPS Metode Penemuan Terbimbing (Discovery) Hasil Belajar. Pemilihan metode sangat penting dalam pembelajaran. Selama ini guru hanya mendominasi dengan penggunaan metode ceramah sehingga pembelajaran kurang kondusif siswa kurang aktif dalam mengemukakan ide ataupun mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata ulangan akhir semester 2 siswa kelas IV SDN Turi 02 adalah 60. Nilai tersebut masih jauh dengan yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran IPS SD (2) Mendeskripsikan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian terdiri dari dua siklus. Di setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi.Instrumen yang digunakan lembar observasi tes dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan analisis secara diskritif Berdasarkan hasil penelitian dari pratindakan sampai siklus II diketahui adanya peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pratindakan 51 79% sebesar 18 54% pada siklus I 70 33% dan siklus II sebesar 81 43% atau meningkat sebesar 11 1%. Sedangkan peningkatan persentase hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari siklus I 63 33 ke siklus II 83 33% menjadi naik sebesar 29 19% yaitu dari persentase ketuntasan siklus I 54 14% naik menjadi 83 33% siswa yang tuntas belajar pada siklus II (dari 24 siswa 22 tuntas belajar) dan yang belum tuntas ada 2 siswa karena kemampuannya sanagt rendah. Kesimpulannya dengan menerapkan metode penemauan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |