Pembelajaran matematika melalui model problem solving di kelas V SDN Ngeni 04 Kabupaten Blitar / Fenita Friska Anggari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika melalui model problem solving di kelas V SDN Ngeni 04 Kabupaten Blitar / Fenita Friska Anggari

Anggari, Fenita Friska (2011) Pembelajaran matematika melalui model problem solving di kelas V SDN Ngeni 04 Kabupaten Blitar / Fenita Friska Anggari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar pembelajaran matematika Problem Solving Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem solving dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Ngeni 04 Kabupaten Blitar. Dengan penerapan model problem solving ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan selama 2 siklus tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngeni 04 yang berjumlah 12 siswa. Data-data dikumpulkan melalui observasi angket tes dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar observasi lembar angket dan soal evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Ngeni 04 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pratindakan 50 siklus I 68 75 dan siklus II 81 25. Ketuntasan belajar pada pratindakan 33% siklus I sebesar 58 3% dan siklus II sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Ngeni 04 Kabupaten Blitar oleh karena itu diharapkan guru mencoba menerapkan model ini untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah sekaligus sebagai motivasi guru untuk dapat menciptakan inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103505

Actions (login required)

View Item View Item