Penerapan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bareng 03 Kecamatan Klojen kota Malang / Silvia Fransisca Sukma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bareng 03 Kecamatan Klojen kota Malang / Silvia Fransisca Sukma

Sukma, Silvia Fransisca (2011) Penerapan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bareng 03 Kecamatan Klojen kota Malang / Silvia Fransisca Sukma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Deep Dialogue/Critical Thinking Aktivitas Hasil Belajar PKn. Salah satu tujuan mata pelajaran PKn adalah melatih siswa untuk berfikir secara kritis rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV-A di SDN Bareng 03 Malang diperoleh informasi tentang pelaksanaan pembelajaran di sekolah tersebut yaitu (1) Beberapa siswa terlihat mengantuk bermain sendiri dan mengobrol dengan temannya sebangku saat pembelajaran berlangsung (2) Saat guru memberikan pertanyaan sebagian besar siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan kritis (3) Sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah SKM. Oleh karena itu perlu diupayakan suatu model pembelajaran yang dapat melatih berfikir kritis siswa yaitu model Deep Dialogue/Critical Thinking. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Deep Dialogue/Critical Thinking (2) Peningkatan aktivitas belajar PKn siswa dan (3) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Deep Dialogue/Critical Thinking. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 2 pertemuan. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan teknik observasi sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes di setiap akhir pertemuan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan lembar observasi siswa dan tes pada setiap akhir pertemuan. Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Deep Dialogue/Critical Thinking mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari 38 siswa kelas IV-A terdapat peningkatan aktivitas siswa dari aspek komunikasi multiarah memberi yang terbaik pada orang lain menjalin hubungan kesederajatan demokratis dan mampu menghargai perbedaan mengandalkan empati yang tinggi keberanian bertanya siswa berfikir kritis dalam menjawab dan bertanya. Skor rata-rata aktivitas yang diperoleh siswa juga meningkat. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pretes ke siklus I dari siklus I ke II dan dari pretes ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model Deep Dialogue/Critical Thinking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya disarankan dalam menerapkan model DD/CT sebaiknya dipertimbangkan dalam pengaturan alokasi waktu pertanyaan dalam Lembar Kegiatan Siswa (LKS) harus dapat mendorong siswa untuk bisa berfikir kritis dan sebaiknya diratakan kepada semua siswa sehingga tidak ada lagi siswa yang pasif untuk melatih empati dan rasa saling menghargai pada siswa hendaknya guru menerapkan metode bertukar peran sehingga siswa dapat ikut merasakan apa yang dirasakan temannya dan jika pada proses cooperative learning tidak dapat disatukan maka pelu dilakukan penilaian kelompok berdasarkan rata-rata nilai anggota kelompok sehingga akhirnya terbentuk tim yang solid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103504

Actions (login required)

View Item View Item