Peningkatan pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan pendekatan kontekstual di kelas 5 SDN Sumbertanggul 2 Mojokerto / Niswatu Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan pendekatan kontekstual di kelas 5 SDN Sumbertanggul 2 Mojokerto / Niswatu Sholihah

Sholihah, Niswatu (2011) Peningkatan pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dengan pendekatan kontekstual di kelas 5 SDN Sumbertanggul 2 Mojokerto / Niswatu Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan kontekstual pembelajaran IPS kelas 5 SD Pada pembelajaran IPS sering dijumpai permasalahan seperti yang terjadi di SDN Sumbertanggul 2 yaitu siswa merasa pelajaran IPS membosankan kurang me-mahami materi dan dari 20 siswa hanya 25% yang mencapai KKM. Hal itu disebab-kan oleh kegiatan pembelajaran yang diciptakan guru kurang dapat menarik minat siswa untuk belajar dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Penulisan Skripsi ini bertujuan meningkatkan pembelajaran IPS dengan mengguna- kan pendekatan kontekstual di kelas 5 SDN Sumbertanggul 2 Mojokerto pada materi kegiatan ekonomi supaya permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan. Saat pembelajaran IPS guru harus mampu menciptakan situasi pembelajaran yang membuat siswa belajar labih baik sehingga tujuan utama dari IPS dapat dicapai oleh siswa yaitu menjadi manusia yang dapat memecahkan masalah sosial yang di-hadapi dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS adalah pendekatan Kontekstual yaitu pendekatan pembel-ajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Seperti dalam materi kegiatan ekonomi siswa akan lebih memahami materi dengan diperkenalkan secara langsung kegiatan ekonomi (produksi distribusi dan konsumsi) di lingkungan siswa sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis and Tagart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dokumentasi dan wawancara dengan siswa pada pra-tindakan siklus I dan Siklus II mengenai pembelajaran. Data yang ter- kumpul dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS di kelas 5 SDN Sumbertanggul 2 dengan metode ceramah tanya jawab diskusi studi tour dan penugasan membuat siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dimana hasil belajar yang awalnya hanya 25% siswa yang men-capai KKM menjadi 75% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus II. Selain itu siswa lebih bisa bersosialisai dengan sesama karena proses pembelajaran kontekstual yang menggunakan komunitas belajar saat penerapannya. Intinya pembelajaran IPS akan lebih menarik dan lebih bermakna pada siswa jika dalam pembelajaran digunakan pendekatan yang tepat dengan siswa dan materi yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103503

Actions (login required)

View Item View Item