Pelaksanaan kurikulum muatan lokal bahasa Using di kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi / Ekaning Pambudi Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan kurikulum muatan lokal bahasa Using di kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi / Ekaning Pambudi Sari

Sari, Ekaning Pambudi (2011) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal bahasa Using di kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi / Ekaning Pambudi Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci muatan lokal bahasa Using SD Muatan Lokal (mulok) yang diajarkan di Kabupaten Banyuwangi adalah bahasa Using. Pembelajaran bahasa Using wajib dilaksanakan pada seluruh pendidikan dasar sejak tahun 2007 termasuk di SDN 1 Mojopanggung Kecamatan Giri. Namun sampai saat ini belum pernah ada penelitian tentang pelaksanaan mulok tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan mulok bahasa Using di kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung yaitu (1) perencanaan yang dilakukan oleh guru (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Using (3) penilaian pembelajaranbahasa Using dan (4) kesulitan dalam pelaksanaan kurikulum mulok bahasa Using. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu informan tempat dan dokumen.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan sumber (guru dan siswa) dan teknik (wawancara observasi dokumentasi). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Perencanaan dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Using pada siswa kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung dilakukan oleh guru dengan kolaborasi bersama guru bahasa Using lain dalam Paguyuban Guru Bahasa Using (PGBU). Persiapan sumber dan media belajar bagi siswa tergantung tema dan bahan kajian/materi yang akan dipelajari (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Using pada siswa kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi mencakup (a) bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Using adalah bahasa Using dan bahasa Indonesia (b) sumber belajar yang digunakan adalah buku Lancar Basa Using cerita rakyat dan lingkungan sekitar siswa (c) bahan kajian yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Using di kelas tinggi yaitu mengenai penguasaan bahasa Using (aspek membaca mendengarkan menulis berbicara) dan sastra Using (drama puisi Using lagu Using basanan wangsalan) (d) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Using beragam tergantung pada kompetensi yang akan dicapai siswa. (e) Alokasi waktu pembelajaran bahasa Using di kelas adalah 2 jam pelajaran atau 70 menit setiap pertemuan satu kali dalam seminggu (3) Penilaian pembelajaran bahasa Using di kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung dilakukan melalui penilaian proses dan produk. Penilaian dilakukan di setiap pembelajaran di tengah semester (UTS) dan di akhir semester (UAS) (4) Kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using pada siswa kelas tinggi SDN 1 Mojopanggung Kabupaten Banyuwangi yaitu (a) kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran penyediaan sumber dan media belajar dan penguasaan materi bahasa Using (b) kesulitan siswa dalam penguasaan bahasa Using dan ketersediaan sumber dan media belajar bahasa Using yang masih terbatas. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Sekolah yang bersangkutan hendaknya juga menyediakan sarana dan prasarana bagi pembelajaran bahasa Using (2) Pemerintah Kabupaten Banyuwangi hendaknya mendukung pelaksanaan dan pengembangan kurikulum mulok bahasa Using di sekolah yang berada di Kabupaten Banyuwangi melalui penyediaan sumber belajar berupa buku dan pelatihan bagi guru untuk melaksanakan mulok bahasa Using (3) Jurusan sebagai Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) sekolah dasar hendaknya dapat memotivasi merangsang aktivitas dan kreativitas mahasiswa serta kemampuan berpikir mahasiswa agar pengetahuan mahasiswa menjadi lebih berkembang dalam kaitannya dengan program pendidikan muatan lokal yang selama ini diterapkan di sekolah di masing-masing daerah (4) Peneliti atau mahasiswa yang akan datang hendaknya dapat meneliti pelaksanaanpembelajaran bahasa Using yang diterapkan di dalam kelas SD di Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103500

Actions (login required)

View Item View Item