Model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDI Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan / Saidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDI Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan / Saidah

Saidah (2011) Model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDI Al-Yasini Ngabar Kraton Pasuruan / Saidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci Pembelajaran IPS Model Pembelajaran Jigsaw Hasil belajar. Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) bertujuan membentuk watak siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berfikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Selain itu siswa juga dituntut mampu berkomunikasi dan bersaing sehat dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal nasional maupun global. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa SDI Al-Yasini belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70 ketuntasan individu. Hal ini terbukti dari nilai-nilai UAS (ujian akhir semester) tahun ajaran 2009/2010 dengan rata-rata 5 8. Permasalahan yang terjadi di kelas V adalah rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran jigsaw yaitu model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Al-Yasini sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Hasil analisis data setelah penerapan model pembelajaran jigsaw menunjukkan bahwa 1) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS sesuai dengan RPP dengan model pembelajaran jigsaw mencapai nilai 86 9 dengan kategori A 2) Untuk aktivitas belajar secara klasikal mencapai nilai 82 5 % dengan kategori tuntas 3) Hasil belajar siswa mencapai nilai 72 5 dengan ketuntasan belajar 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDI Al-Yasini dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari hasil yang diperoleh siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil tes mulai dari pre tes (59 75) dengan prosentase (40%) meningkat siklus I (68 15) dengan prosentase (60%) dan meningkat lagi siklus II (72 5) dengan prosentase (80%) yang terus mengalami peningkatan. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu lebih profesional dalam menjalankan tugas mengajar untuk merangsang minat belajar siswanya serta melibatkannya secara utuh dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103497

Actions (login required)

View Item View Item