Peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan gambar seri siswa kelas III SDN Bacem 03 kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Deni Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan gambar seri siswa kelas III SDN Bacem 03 kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Deni Puspitasari

Puspitasari, Deni (2011) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan gambar seri siswa kelas III SDN Bacem 03 kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Deni Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis deskripsi gambar seri sekolah dasar Pembelajaran menulis deskripsi kelas III SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah tentang materi menulis deskripsi dan tidak ada media yang mendukung dan sesuai materi yang ada. Hal ini menjadi faktor kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi menggunakan gambar seri siswa kelas III SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar 2) Apakah dengan menggunakan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui gambar seri dapat meningkatkan hasil menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 62 siklus I 70 dan siklus II 85 . Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 40% siklus I sebesar 80% dan siklus II 100%. Nilai aktivitas siswa pada waktu pembelajaran juga meningkat nilai rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 60% dan siklus II 94%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis deskripsi melalui gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi siswa serta dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Bacem 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan gambar seri sebagai media pembelajaran menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103496

Actions (login required)

View Item View Item