Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui penglaman pribadi siswa kelas V di SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar / Kusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui penglaman pribadi siswa kelas V di SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar / Kusnul Khotimah

Khotimah, Kusnul (2011) Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui penglaman pribadi siswa kelas V di SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar / Kusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis narasi ekspositoris pengalaman pribadi siswa. Kenyataan di lapangan siswa kelas V SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar memiliki ketrerampilan dalam menulis narasi ekspositoris yang masih rendah. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan pengalaman pribadi dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris pada kelas siswa V SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan melalui pengalaman pribadi dapat meningkatkan ketrampilan menulis narasi ekspositoris pada siswa kelas V SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis narasi ekspositoris melalui pengalaman pribadi dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas V SDN Ngeni 08 yang ditunjukkan dengan hasil belajar pada pra tindakan dengan nilai rata-rata 65 siklus dengan nilai rata-rata I 73 dan siklus II dengan nilai rata-rata 88 . Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 36% siklus I sebesar 64% dan siklus II 91%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis narasi ekspositoris berdasarkan pengalaman siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas V SDN Ngeni 08 Kabupaten Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan dan memanfaatkan pengalaman pribadi siswa sebagai bahan untuk menulis narasi ekspositoris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103492

Actions (login required)

View Item View Item