Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada siswa kelas IV SDN Jatimuluo 1 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Widha Bhinartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada siswa kelas IV SDN Jatimuluo 1 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Widha Bhinartika

Bhinartika, Widha (2011) Upaya meningkatkan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada siswa kelas IV SDN Jatimuluo 1 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung / Widha Bhinartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Pembelajaran Model ARCS Model ARCS adalah model pembelajaran yang mengutamakan pengelolaan motivasi siswa selama pembelajaran. Pengelolaan motivasi dapat diukur dari ketercapaian indikator pada ARCS yaitu perhatian siswa (Attention) keterkaitan pembelajaran dengan pengalaman siswa (Relevance) kepercayaan diri siswa (Confidence) kepuasan siswa selama pembelajaran (Satisfaction). Berdasarkan hasil observasi didapatkan fakta bahwa pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif. Dari nilai tes menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 61 67 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 41 6 % sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 untuk hasil belajar dan 70% untuk ketuntasan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model ARCS untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model ARCS (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model ARCS (4) tanggapan siswa selama pembelajaran dengan model ARCS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model ARCS lembar observasi aktivitas siswa soal tes pedoman wawancara lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model ARCS untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 dengan kompetensi dasar menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model ARCS pada siklus I yaitu 82 22% dan meningkat pada siklus II menjadi 92 22%. Aktivitas siswa meningkat siklus I 69 7 menjadi 84 5 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 71 dengan ketuntasan 64% pada siklus I menjadi rata-rata 88 27 dengan ketuntasan kelas mencapai 82% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam menerapkan model ARCS ini hendaknya guru mempersiapkan permasalahan dengan matang sehingga tidak akan kehabisan permasalahan yang harus didiskusikan siswa. Agar mudah dalam mengkondisikan dan mengorganisasikan kelas dengan baik guru diharapkan memberikan penguatan yang baik untuk mamacu keaktifan siswa juga dapat memberikan penghargaan berupa hadiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103487

Actions (login required)

View Item View Item