Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri nilai pada siswa kelas IV SDN Beru 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Ike Lyvia Rose Malasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri nilai pada siswa kelas IV SDN Beru 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Ike Lyvia Rose Malasari

Malasari, Ike Lyvia Rose (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran inkuiri nilai pada siswa kelas IV SDN Beru 1 Wlingi Kabupaten Blitar / Ike Lyvia Rose Malasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dan inkuiri nilai. Berdasarkan hasil observasi awal dalam proses pembelajaran PKn siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar PKn. Siswa menganggap mata pelajaran PKn sebagai pelajaran hafalan karena kurang menekankan pada aspek penalaran sehingga hasil belajar siswa masih kurang. Selain itu guru masih meng-gunakan model konvensional yaitu masih terpusat pada guru (teacher center) sehingga membuat siswa bosan dalam proses pembelajaran PKn. Tujuan diadakannya penelitian di SDN Beru 01 Wlingi Kabupaten Blitar adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri nilai pada siswa kelas IV. Diharapkan dengan model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuali-tatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpul-an data yang digunakan adalah observasi tes dan catatan lapangan. Analisis data hasil observasi siswa yaitu dengan mencari prosentase banyak siswa yang menda-pat skor dibagi jumlah siswa dan dikalikan 100%. Apabila hasilnya 70% ke atas maka kegiatan yang dilakukan siswa sudah baik. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra hanya 5 siswa atau 14 7% dari 34 siswa yang tuntas belajar. Setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri nilai pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 50% dari 14 7% menjadi 64 7%. Sedangkan untuk peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35 3% dari 64 7% menjadi 100%. Peningkatan hasil belajar siswa ini dikarenakan peneliti menggunakan metode pembelajaran inkuiri nilai (value inquiry). Siswa yang awalnya bosan dan tidak bersemangat setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri nilai menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri nilai menunjukkan peningkatan hasil belajar PKn. Untuk itu disarankan hendaknya para guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sesuai situasi dan kondisi siswa. Dengan demikian pembelajaran akan lebih menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103486

Actions (login required)

View Item View Item