Penerapan collaborative learning melalui permainan mencari gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Cepokomulyo 2 Kepanjen / Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan collaborative learning melalui permainan mencari gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Cepokomulyo 2 Kepanjen / Rahmawati

Rahmawati (2011) Penerapan collaborative learning melalui permainan mencari gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Cepokomulyo 2 Kepanjen / Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran IPA collaborative learning permainan mencari gambar Model collaborative learning yang diterapkan melalui permainan mencari gambar dapat membantu siswa untuk aktif dan bekerjasama dalam belajar karena mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan permainan secara kelompok dan meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap tugas yang harus diselesaikan. Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah akan membuat siswa pasif dalam belajar. Kurang terbiasanya siswa untuk melakukan kegiatan kelompok membuat siswa kurang memiliki rasa kerjasama. Pelaksanaan kegiatan kelompok yang kurang efektif dapat menimbulkan ketergantungan siswa kepada temannya untuk menyelesaikan tugas yang seharusnya diselesaikan secara berkelompok. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran cenderung pasif dan hasil belajar siswa hanya mencapai nilai rata-rata 63 33. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan collaborative learning melalui permainan mencari gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan collaborative learning melalui permainan mencari gambar dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Cepokomulyo 2 Kepanjen (2) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III serta (3) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Cepokomulyo 2 Kepanjen setelah dibelajarkan menerapkan collaborative learning melalui permainan mencari gambar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dalam bentuk kolaboratif. Pelaksanaan PTK yang digunakan meliputi empat tahapan yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dokumentasi tes wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan collaborative learning melalui permainan mencari gambar dalam pembelajaran IPA mampu merubah cara belajar siswa dari menerima pengetahuan menjadi aktif membentuk pengetahuan sendiri melalui serangkaian tahapan pembelajaran selain itu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 43 33% dengan nilai rata-rata 68 13 dan pada siklus II prosentase meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 85 03. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63 33% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 67 9 dan pada siklus II prosentase meningkatan menjadi 80% dengan nilai rata-rata 73 55. Berdasarkan hasil penelitian ini saran diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah untuk Kepala sekolah dan guru untuk dapat menerapkan collaborative learning melalui permainan mencari gambar yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan berusaha memperbaiki kekurangan yang terdapat pada penelitian ini seperti pembentukan kelompok dan pengelolaan kelas. Bagi peneliti lain dengan penelitian yang sejenis dapat mengembangkan penelitian dengan menerapkan model collaborative learning melalui permainan mencari gambar yang membahas tentang peningkatan efektifitas dan motivasi belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103484

Actions (login required)

View Item View Item