Analisis kesalahan sintaksis bahasa Indonesia dalam karangan siswa kelas VI SDN Sedarum II Nguling Pasuruan yang berbahasa ibu bahasa Madura / Deny Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan sintaksis bahasa Indonesia dalam karangan siswa kelas VI SDN Sedarum II Nguling Pasuruan yang berbahasa ibu bahasa Madura / Deny Setyawan

Setyawan, Deny (2011) Analisis kesalahan sintaksis bahasa Indonesia dalam karangan siswa kelas VI SDN Sedarum II Nguling Pasuruan yang berbahasa ibu bahasa Madura / Deny Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesalahan sintaksis bahasa Indonesia. Kesalahan merupakan penyebab utama kesulitan dalam belajar bahasa kedua. Penelitian ini didasari asumsi bahwa siswa kelas VI SD dalam penguasaan kosa kata sudah bisa dikatakan banyak sehingga kegiatan mengarang bagi siswa kelas VI SD merupakan hal yang mudah. Selain itu penguasaan bahasa Madura lebih baik dibandingkan dengan penguasaan bahasa Indonesia. Selanjutnya diajukan pertanyaan yaitu bagaimanakah wujud kesalahan sintaksis bahasa Indonesia pada (1) kalimat tunggal dan (2) kalimat majemuk dalam karangan siswa kelas VI SD. Bertolak dari pertanyaan di atas maka untuk menjawabnya digunakan beberapa teori yang dapat memberi gambaran jelas tentang wujud-wujud kesalahan. Teori-teori yang dimaksud yaitu penjelasan tentang kesalahan berbahasa dan jenis-jenis kesalahan dwibahasawan dan tipe-tipe dwibahasawan dan analisis kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dengan metode ini kesalahan bahasa yang dibuat oleh siswa dapat dijelaskan. Sesuai dengan metode penelitian yang digunakan instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan panduan identifikasi dan analisis data sebagai instrumen pembantu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Sedarum II Nguling Pasuruan yang berbahasa ibu bahasa Madura dengan jumlah 19 siswa sumber data penelitian ini adalah hasil karangan siswa kelas VI SD dan data penelitian ini adalah kalimat tunggal dan kalimat majemuk bahasa Indonesia yang melanggar bahasa pada tataran sintaksis yang terdapat dalam karangan bebas siswa kelas VI SD. Sekolah yang dijadikan sebagai sumber data penelitian ini adalah SDN Sedarum II Nguling Pasuruan. Penganalisisan data dilakukan dengan cara pemberian garis bawah pada kesalahan sintaksis dalam hasil karangan siswa kemudian diklasifikasikan atau dikelompokkan sesuai dengan jenis kalimatnya. Jenis kalimat yang dimaksud adalah kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 dari 19 siswa atau 72 % siswa melakukan kesalahan dalam karangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan sintaksis pada kalimat tunggal yang dilakukan oleh siswa kelas VI SDN Sedarum II Nguling Pasuruan yang berbahasa ibu bahasa Madura. Kesalahan tersebut adalah (1) kalimat tunggal yang tidak gramatikal (2) kalimat tunggal yang tidak padu (3) kalimat tunggal yang tidak efektif dan (4) kalimat tunggal yang dipengaruhi oleh bahasa Madura. Kesalahan sintaksis pada kalimat majemuk setara adalah (1) kalimat majemuk setara yang tidak gramatikal (2) kalimat majemuk setara yang tidak padu (3) kalimat majemuk setara yang tidak efektif dan (4) kalimat majemuk setara yang dipengaruhi oleh bahasa Madura. Kesalahan sintaksis pada kalimat majemuk bertingkat adalah (1) kalimat majemuk bertingkat yang tidak gramatikal (2) kalimat majemuk bertingkat yang tidak padu (3) kalimat majemuk bertingkat yang tidak efektif dan (4) kalimat majemuk bertingkat yang tidak jelas. Kesalahan sintaksis pada kalimat majemuk campuran adalah (1) kalimat majemuk campuran yang tidak gramatikal dan (2) kalimat majemuk campuran yang tidak efektif. Oleh karena itu pihak guru SDN Sedarum II Nguling Pasuruan diharapkan selalu membelajarkan bahasa yang baik dan sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Pembelajaran bahasa seharusnya bukan merupakan tanggung jawab guru bahasa Indonesia atau guru kelas saja tetapi juga guru mata pelajaran yang lain juga ikut ambil bagian dalam pembelajaran bahasa. Pembiasaan berbahasa yang baik dan benar perlu dibudayakan setiap hari setidaknya dalam berkomunikasi setiap hari di lingkungan sekolah baik dalam berkomunikasi formal maupun informal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103483

Actions (login required)

View Item View Item