Penerapan model pembelajaran deep dialpgue critical thinking untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keaktifan siswa kelas IV SDN Randumerak Probolinggo / Fitka Nuria Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran deep dialpgue critical thinking untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keaktifan siswa kelas IV SDN Randumerak Probolinggo / Fitka Nuria Dewanti

Dewanti, Fitka Nuria (2011) Penerapan model pembelajaran deep dialpgue critical thinking untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keaktifan siswa kelas IV SDN Randumerak Probolinggo / Fitka Nuria Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Deep Dialogue Critical Thinking hasil belajar keaktifan PKn SD. Berdasarkan observasi di kelas IV SDN Randumerak Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn diantaranya adalah siswa cenderung pasif dan siswa merasa bosan dalam pembelajaran PKn. Nilai mata pelajaran PKn terutama pada materi globalisasi masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan metode yang dipergunakan pada pembelajaran PKn adalah konvensional. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapakan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Deep Dialogue Critical Thinking pada kelas IV SDN Randumerak. (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking pada kelas IV SDN Randumerak. (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PKn dengan menggunakan Deep Dialogue Critical Thinking pada kelas IV SDN Randumerak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi) (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Randumerak yang berjumlah 20 siswa terdiri atas 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan keberanian siswa bertanya dan mengemukakan pendapat dengan argumen yang tepat. Peningkatan rerata keaktifan siswa dari siklus I dengan nilai 67 5 ke siklus II dengan nilai 81 5.Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan nilai 55 meningkat menjadi dengan nilai 68 dan pada siklus II meningkat dengan nilai 74 dengan persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 35% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 10% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDN Randumerak. (2) menerapkan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberikan saran antara lain (1) Bagi guru kelas disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking sebagai suatu alternatif proses pembelajaran siswa di kelas karena hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn di SD (2) Bagi peneliti selanjutnya mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini yaitu mengenai pokok bahasa maka untuk mengetahui lebih jelas tentang model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking dalam pembelajaran PKn maka perlu dilakukan penelitian pada pokok bahasan PKn yang lain (3) Penerapan Deep Dialogue Critical Thinking dalam pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada peneliti-peneliti selanjutnya sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103482

Actions (login required)

View Item View Item